Top! Dua Mantan Istri Orang Terkaya Rogoh Rp 576 M untuk Berdayakan Wanita

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 10:18 WIB
Melinda Gates
Melinda Gates/Foto: Getty Images/Rahman Roslan
Jakarta -

Melinda French Gates dan MacKenzie Scott bekerja sama meningkatkan pengaruh wanita Amerika Serikat (AS). Keduanya sepakat menyumbang US$ 40 juta atau setara Rp 576,8 miliar (kurs Rp 14.420).

Dilansir CNN, Jumat (30/7/2021), donasi tersebut diberikan kepada pemenang Equality Can't Wait Challenge, kompetisi yang diselenggarakan oleh perusahaan investasi Melinda Gates, Pivotal Ventures, dengan dukungan keuangan dari MacKenzie Scott dan suami barunya, serta dari Keluarga Charles dan Lynn Schusterman.

Sebanyak empat pemenang kontes yang dipilih dari 550 pelamar mengusulkan berbagai cara kreatif untuk memberdayakan dan meningkatkan kehidupan perempuan dan orang-orang non-konformis gender di AS.

Usulan itu mencakup agar membuat pelatihan untuk wanita yang tertarik dengan karier pengembangan perangkat lunak, hingga mempercepat keberadaan perempuan muda melalui perguruan tinggi dan karir awal mereka.

Masalah itu dinilai menjadi sangat penting karena pandemi COVID-19 berdampak terhadap perempuan, yang menurut para ahli membuat kesetaraan gender mundur bertahun-tahun. Setiap organisasi pemenang akan menerima US$ 10 juta atau setara Rp 144,2 miliar untuk menjalankan proyek mereka.

"Para penerima penghargaan adalah tim kuat yang bekerja di garis depan dan dari dalam komunitas untuk membantu perempuan membangun kekuatan dan karier mereka," kata Scott.

"Kita dapat memajukan kesetaraan gender, tetapi kita harus berkomitmen untuk mengangkat organisasi, seperti yang menerima penghargaan hari ini, yang siap untuk mengangkat perempuan dan anak perempuan," kata Melinda Gates.

Melinda Gates dan MacKenzie Scott, yang sebelumnya menikah dengan pendiri teknologi yang berbasis di Seattle, Bill Gates dan Jeff Bezos, menjadi dermawan. Kedua wanita itu, yang termasuk orang terkaya di dunia telah menandatangani The Giving Pledge, berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaannya dalam hidup mereka.

Melinda Gates tetap menjadi ketua The Gates Foundation, yang telah menyalurkan dana signifikan untuk penelitian COVID-19 dan upaya vaksinasi selama 1,5 tahun terakhir. Dengan Pivotal Ventures, dia mendukung wanita mencalonkan diri untuk jabatan, dan bekerja di sektor utama seperti teknologi.

Sedangkan MacKenzie Scott pada bulan lalu telah menyumbangkan hampir US$ 1,7 miliar dari kekayaannya untuk 116 organisasi yang berfokus pada salah satu dari sembilan bidang kebutuhan, termasuk kesetaraan rasial, kesetaraan LGBTQ+, demokrasi fungsional, dan perubahan iklim.

Di antara organisasi yang didukungnya adalah Dana Pendidikan dan Pertahanan Hukum NAACP, Yayasan Obama, Pusat Kepresidenan George W. Bush, RAINN dan Yayasan Iklim Eropa.

(aid/ara)