Wamendag Jajal Sendiri Makan di Bawah 20 Menit, Bisa?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 01 Agu 2021 22:40 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Selama masa pemberlakuan PPKM level 4 pemerintah mengizinkan warung makan membuka layanan dine in alias makan di tempat. Syaratnya, pelanggan cuma boleh makan selama 20 menit di dalam warung.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga penasaran dengan aturan tersebut. Akhirnya dia mencoba langsung makan di warung. Kali ini dia makan di salah satu warung yang berada di sekitar Stasiun Balapan, Solo.

Ternyata Jerry bisa menghabiskan makanan tidak sampai 20 menit. Dia cuma butuh waktu makan selama 7 menit 38 detik saja.

"Tadinya saya kira kalau kita makan itu lama. Ternyata setelah tadi dicoba makan bersama para staf cuma 7 menit 38 detik. Jadi terbukti bahwa jika kita taat prokes dan disiplin, waktu 20 menit itu sangat bisa diimplementasikan," Kata Jerry dalam keterangannya, Minggu (1/8/2021).

Jerry pun menemukan bahwa ternyata budaya makan di warung Indonesia lebih banyak didominasi oleh ngobrol dan nongkrong yang justru lebih lama dari waktu makannya. Mengingat masih dalam masa pandemi, Jerry berharap agar kebiasaan nongkrong berlama-lama di warung itu bisa ditinggalkan lebih dahulu.

"Ini adalah jalan tengah dan formulasi terbaik dalam kondisi pandemi ini. Artinya, warung bisa tetap buka dan pelanggan bisa tetap makan di tempat tetapi harus sadar bahwa waktunya harus sesingkat mungkin dan jangan ngobrol. Karena saat ngobrol kemungkinan penyebaran virus sangat mungkin terjadi," kata Jerry.

Dia berpendapat bahwa syarat agar perdagangan dan ekonomi masyarakat bisa terus berlangsung kuncinya hanya pada adaptasi pada kondisi pandemi. Protokol kesehatan harus dipatuhi, sehingga secara kesehatan masyarakat juga bisa terus sehat dan beraktifitas.

"Kita harus memperkuat kerja sama. Saling dukung, Pemerintah tentu mengutamakan kepentingan rakyat. Mudah-mudahan dengan itu ekonomi tetap berjalan sementara masyarakat terus sehat," ungkap Jerry.

(hal/dna)