Subsidi Gaji Rp 1 Juta Jadi Cair Nggak Ya Pekan Ini?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 11:42 WIB
Counting money
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi
Jakarta -

Pemerintah berupaya agar bantuan subsidi upah/gaji (BSU) Rp 1 juta dapat cair pekan ini. Pada tahap awal, BLT gaji tersebut disalurkan kepada 1 juta pekerja dari target 8,7 juta pekerja. Apakah bantuan tersebut jadi cair pekan ini?

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi menjelaskan saat ini Kemnaker dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang menyelesaikan administrasi keuangan untuk mendanai program subsidi gaji Rp 1 juta.

"Nunggu penyelesaian administrasi keuangan, sedang kita finalkan dengan Kemenkeu," kata dia melalui pesan singkat kepada detikcom, Kamis (5/8/2021).

Terkait jadi atau tidaknya subsidi gaji disalurkan pekan ini, dia belum bisa menyampaikannya. Dia akan menginformasikan lebih lanjut setelah semuanya beres.

"(Pencairan subsidi gaji kepada pekerja) nanti kami sampaikan setelah clear and clean," sebut Anwar Sanusi.

Secara terpisah, Kepala Biro Humas Kemnaker, Chairul Fadly Harahap mengatakan saat ini Kemnaker masih melakukan proses lanjutan berupa ceklis data.

"Bersamaan dengan itu, kami juga masih menyusun juknis (petunjuk teknis) pelaksanaan BSU. Semua proses ini kami lakukan agar penyaluran ini benar-benar lebih cepat dan lebih tepat sasaran," tambahnya.

Anwar Sanusi sebelumnya menjelaskan pihaknya mengusahakan secepatnya dapat menyalurkan subsidi gaji Rp 1 juta kepada pekerja, yakni pada pekan ini.

"Kita usahakan (pekan ini ditransfer). Mudah-mudahan bisa kita laksanakan, sekali lagi kita pengin cepat dan tepat," katanya kepada detikcom, Senin (2/8/2021).

(toy/eds)