Survei Membuktikan Kondisi Keuangan Anak Muda RI Tak Sehat, Setuju?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 17:09 WIB
ilustrasi uang
Foto: iStock
Jakarta -

Hasil studi riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2021 membuktikan bahwa mayoritas keuangan anak muda Indonesia dalam kondisi kurang sehat, tepatnya sekitar 86% dari total responden yang disurvei.

Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit yang memaparkan hasil riset tersebut mengatakan, rata-rata financial fitness index score masyarakat kalangan muda Indonesia adalah 37,72.

"Dan paling menarik yang kita lihat di sini adalah contoh dari hasil survei yang kita lakukan dari report ini hampir 86% itu terlihat mereka itu kondisi finansialnya atau perilaku finansialnya itu kategorinya adalah kurang sehat. Jadi perlu dilakukan check up segera," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/8/2021).

Lanjut dia, di sisi lain ada 14,33% responden yang secara sekilas kondisi keuangannya terlihat sudah sehat. Tapi harus dilakukan langkah-langkah tertentu untuk memastikan kesehatan finansial tersebut dijalankan secara disiplin, yakni agar kondisinya semakin membaik atau terus sehat.

Dia pun menjelaskan bahwa melakukan transaksi investasi, misalnya beli saham atau uang kripto belum tentu sejalan dengan perilaku finansial yang sehat. Di tengah booming investasi, dia menjelaskan baru 3% responden yang disurvei yang bilang sudah memiliki produk investasi. Artinya masih banyak yang belum melek investasi.

"Tapi yang memiliki produk investasi gitu juga belum tentu menjalankannya secara benar. Jadi melakukan investasi misalnya beli saham tapi tujuannya karena hype, dengar teman untung banyak terus ikut-ikutan," paparnya.

Lebih lanjut, dari riset yang dilakukan pihaknya menemukan bahwa 46% responden merasa perencanaan finansial mereka akan memberikan kesuksesan di masa depan. Tapi ternyata hanya 16% dari responden yang memiliki dana darurat untuk mempertahankan daya hidup jika kehilangan pekerjaan sewaktu-waktu.

Contoh lain, tambah dia, 86% responden mengatakan sudah menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung secara rutin. Tapi pada saat yang sama, 43% di antaranya ternyata masih meminjam uang dari keluarga atau teman dalam 1 tahun terakhir.

Lihat juga Video: Kok Bisa Ekonomi RI Melesat 7 Persen Tapi Tidak Terasa?

[Gambas:Video 20detik]



(toy/zlf)