JANGAN LENGAH! Ada Perampok Uang & Data Pribadi Via Aplikasi

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 06:45 WIB
Update Security Android 10
Ilustrasi/Foto: Dok. Google
Jakarta -

Waspada pencurian data pribadi hingga uang! Ancaman tersebut bisa jadi ada di aplikasi ponsel Anda, terutama yang berbasis android.

Mengutip CNBC Indonesia, salah satu malware bernama Joker kabarnya telah masuk dalam ponsel Android. Saat ini sudah terdeteksi ada delapan aplikasi yang membawa malware itu.

Menurut informasi dari Quick Heal Security Labs, 8 aplikasi ini berpotensi mencuri data pribadi.

Untungnya, aplikasi yang merugikan ini sudah dihapus dari Play Store dan dikabarkan sudah dilaporkan ke Google. Bagi yang sudah mengunduhnya segera hapus aplikasi tersebut.

Malware Joker dapat mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat. Selain itu juga dapat berinteraksi dengan situs iklan diam-diam.

Tidak hanya informasi, korban malware ini juga bisa kehilangan uang. Cara kerjanya, tanpa sepengetahuan korban, Joker dapat mendaftarkan korban ke situs berlangganan premium.

Berdasarkan laporan Quick Heal aplikasi saat dibuka pertama kali akan meminta mengakses notifikasi. Kemudian, aplikasi akan mengambil data SMS dari notifikasi dan meminta akses pada kontak.

Setelah izin dikantongi, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Aplikasi juga akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Menurut Quick Heal, malware akan disebar pada aplikasi yang populer karena fungsi yang dicari pengguna, yaitu ada aplikasi scanner, wallpaper dan messaging.

Berikut daftar kedelapan aplikasi yang membawa malware Joker. Langsung klik halaman berikutnya.