Gaji Cristiano Ronaldo Bukan Soal, MU Bisa Raup Cuan Lebih Gede

Siti Fatimah - detikFinance
Minggu, 29 Agu 2021 06:30 WIB
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 31: Cristiano Ronaldo and Achraf Hakimi of Real Madrid train during a training session ahead of their UEFA Champions League Group H match against Tottenham Hotspur at Wembley Stadium on October 31, 2017 in London, England. (Photo by Alex Broadway/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Alex Broadway)
Jakarta -

Cristiano Ronaldo resmi kembali ke Manchester United (MU). Dengan begitu, 'setan merah' berpeluang besar untuk mencetak gol lebih banyak di lapangan dan meraup cuan lebih besar.

Perpindahan Ronaldo dari Juventus itu diumumkan pada Jumat (27/8) sore. Manchester United sebagai tim barunya mengumumkan kabar tersebut melalui akun instagram dan keterangan resmi.

"Manchester United dengan gembira mengonfirmasi telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk transfer Cristiano Ronaldo, bergantung pada kesepakatan personal, visa, dan tes medis," demikian pernyataan Manchester United.

Lebih lanjut, Ronaldo diboyong MU dengan biaya sekitar US$ 40 juta atau sekitar Rp 572 miliar (kurs Rp 14.323). Dia pun direncanakan akan meneken kontrak untuk dua tahun hingga 2023.

Berdasarkan laporan The Sun, pemain terbaik dunia lima kali itu akan mendapatkan gaji 480 ribu poundsterling (Rp 9,45 miliar) sepekan, atau 25 juta pound (Rp 492,6 miliar) per tahun.

Artinya selama dua tahun dia akan menerima gaji total 50 juta pound (Rp 985 miliar). Sementara berdasarkan laporan media Italia, La Gazzetta dello Sport disebutkan bahwa gaji Cristiano Ronaldo di Juventus selama setahun menyentuh angka 31 juta euro.

Jika dirupiahkan, setara Rp 539 miliar. Itu membuat Cristiano Ronaldo sebagai pemain dengan gaji tertinggi di Liga Italia. Kantong Ronaldo akan semakin tebal karena jerseynya akan laris manis, apalagi jika dia kembali mengenakan nomor 7.

Potensi Cuan Bagi Manchester United

Kehadiran Ronaldo di MU akan berpotensi pada peningkatan laporan keuangan klub. Ronaldo merupakan salah satu atlet paling sukses secara finansial dalam sejarah. Sebagaimana diketahui, pemain bola dalam industri olah raga ini merupakan aset pendongkrak nilai brand dari klub bola tersebut, terkait dengan royalti, merchandise, dan lain-lain.

Setelah bergabungnya Ronaldo, yang saat ini menjadi bintang sepak bola terpopuler maka ketenaran klub sepak bola tertua di dunia itu akan ikut naik popularitasnya. Karena kehadirannya dapat menaikkan nilai brand perusahaan dan penjualan berbagai sektor pemasukan.

Laporan Forbes pada tahun 2020, penghasilan tahunan Ronaldo mencapai US$ 105 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun. Hal itu menjadikannya sebagai pemain sepak bola pertama yang menghasilkan US$ 1 miliar atau sama dengan Rp 14,3 triliun (belum termasuk pajak) bagi klub sepak bola. Kondisi yang sama diprediksi akan terjadi saat Ronaldo bergabung dengan MU.

(zlf/zlf)