Belajar dari Anand Despandhe, Teknisi yang Jadi Miliarder di AS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 12:00 WIB
10 Daftar Orang Terkaya RI
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta -

Mimpi Anand Deshpane akhirnya terwujud untuk bekerja di Silicon Valley. Pada usia 28 Anand bekerja sebagai engineer di Hewlett Packard di Palo Alto.

Saat itu dia dihadapkan oleh pilihan kembali ke India atau menetap di Amerika Serikat (AS). Akhirnya dia memilih untuk kembali ke negaranya.

Berbekal uang tabungan dan pinjaman dari ayah serta teman-temannya dia mendirikan Persistent Systems dengan modal US$ 21 ribu. Perusahaannya bergerak di bidang basis data.

Sekarang, Persistent adalah perusahaan teknologi yang pendapatannya mencapai US$ 566 juta. Perusahaannya mengerjakan proyek rekayasa digital, data hingga kecerdasan buatan.

Hampir 80% pendapatannya berasal dari perusahaan di Amerika, Eropa, dan India. Awalnya pegawai yang dimiliki Anand hanya 5 orang, namun sekarang sudah ada 14.000 pegawai yang diambil dari 45 negara.

Pada kuartal I 2021 laba bersih perusahaan tercatat US$ 62 juta atau naik 38%. Kemudian saham Persistent naik 149% tahun ini.

Hal ini membuat Anand masuk dalam daftar orang terkaya nomor 59. Sebanyak 30% saham yang dia miliki di Persistent mencapai lebih dari US$ 1 miliar.

Namun dia menyebutkan, jika pelaku teknologi seperti dirinya harus menjadi profesor di suatu tempat.

Saat ini Anand memang sudah tidak menduduki jabatan CEO. Ia sudah mengundurkan diri sejak 2019 lalu. Namun Anand masih menjabat sebagai chairman dan direktur pelaksana untuk mencari generasi penerus di perusahaan.

Sama seperti orang terkaya di dunia lainnya, Anand juga terlibat dalam filantropi melalui yayasan deASRA yang dia dirikan bersama istrinya Sonali.

(kil/eds)