Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Aplikasi Kencan, Ini 7 Ciri-cirinya

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 12:11 WIB
Ilustrasi penipuan online
Awas! Banyak Penipu Berkeliaran di Aplikasi Kencan, Ini 7 Ciri-cirinya
Jakarta -

Aksi tipu-tipu sekarang sudah mulai merambah ke aplikasi kencan. Kalau tidak hati-hati, bukan hanya hati yang dicuri, tapi duit juga dibawa lari.

Nah supaya tidak tertipu awalnya minta cinta tapi ujung-ujungnya sabet harta, yuk kita coba perhatiin ciri-ciri para penipu yang berkeliaran di dunia maya ini seperti dikutip dari Brightside, Kamis (9/9/2021).

1. Periksa Umurnya
Biasanya para penipu ini menyasar korban yang usianya sudah cukup dewasa atau paruh baya yang sedang mencari pasangan. Kelompok usia ini biasanya memang mudah kena tipu. Jadi kalau ada pesan dari lawan jenis yang usianya jauh lebih muda, waspadalah!

2. Harus Curiga Kalau Ada yang Tiba-tiba Bilang Cinta
Masih percaya cinta pada pandangan pertama? Kalau baru kenal terus langsung bilang cinta itu harus curiga. Cinta itu tumbuhnya butuh waktu, bukan baru kenal seminggu terus ngakunya cinta mati. Ada udang di balik batu itu. Jangan sampai kena rayuan cinta terus berani kirim uang atau data pribadi sembarangan.

3. Jangan Polos Ketika Diminta Tolong Soal Uang
Para penipu ini beroperasi dengan ulung. Biasanya setelah berkomunikasi intens dengan korban, mereka akan meminta bantuan untuk dikirimin uang. Alasannya macam-macam, dari mulai butuh uang buat pengobatan, buat bantu orang tua, dan lain-lain. BIasanya ditambah embel-embel "kalau sayang sama aku, buktiin sekarang dengan transfer duitnya." Cuiih!

4. Cek Foto Profilenya
Zaman sekarang sangat mudah buat ngenalin foto hasil curian. Caranya tinggal copy foto si penipu, masukkan ke Google search dan akan keluar itu foto aslinya punya siapa. The power of the search engine prevail!

Lanjut ke halaman berikutnya

Simak Video: KuTips: Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online

[Gambas:Video 20detik]