Bagi-bagi KUR, Airlangga Ingatkan Jangan Cari Rentenir!

datuk haris molana - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 22:42 WIB
Airlangga Hartarto
Foto: detikcom/Datuk Haris Molana: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Medan -

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada warga di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Airlangga menyebut warga tak perlu mencari rentenir lantaran pemerintah telah memberikan KUR dengan suku bunga 3 persen.

Hal ini disampaikan Airlangga Hartarto saat menyerahkan pinjaman dana subsidi program KUR kepada masyarakat bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah di salah satu hotel di Medan.

"Pemerintah telah memberikan kredit usaha rakyat yang platfomnya sekarang Rp 285 triliun. Dan ini meningkat dari tahun lalu," kata Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga menyebutkan bunga pinjaman itu pun telah turun. Untuk itu, Airlangga menjamin tidak ada satupun rentenir yang berani memberikan pinjaman dengan suku bunga demikian.

"Bunganya 3 persen, jadi dijamin tidak ada satu rentenir pun yang berani memberikan tingkat suku bunga 3 persen. Jadi tidak ada saingan ini. Dan kedua kredit sampai dengan Rp 100 juta, tidak ada jaminan," ujar Airlangga.

Kemudian Airlangga juga menuturkan bagi masyarakat yang mengambil untuk pertama kali, menyicilnya pun ditunda selama 6 bulan.

"Untuk yang ambil pertama kali diberikan waktu 6 bulan menyicilnya, ditunda, dan saya jamin tidak ada satu rentenir yang bisa bersaing dengan bank-bank BUMN maupun BUMD," sebut Airlangga.

Airlangga menekankan Gubernur dan Wakil Gubernur mengajak masyarakat jangan takut untuk mengajukan KUR.

"Oleh karena itu Pak Gubernur, Pak Wagub, kredit ini didorong, tadi kita melihat beberapa PKL dan warteg walaupun sudah punya pengamalan tapi masih belum berani mengambil utang," sebut Airlangga.

Setelah menyerahkan KUR, Airlangga juga turut berbincang-bincang dengan para pkakerja. Airlangga mendengar setiap keluhan para prakerja hingga mereka mengajukan pinjaman ke bank.

Kemudian, para prakerja itu pun lalu diberikan KUR prakerja dengan disaksikan langsung oleh Airlangga.

(hns/hns)