Perilaku-perilaku 'Haram' di Bioskop Selama PPKM

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 17 Sep 2021 06:30 WIB
Sejumlah bioskop di Jakarta mulai buka hari ini, Kamis (16/9). Jangan lengah, bagi anda yang ingin meninton untuk tetap menjaga Prokes.
Perilaku-perilaku 'Haram' di Bioskop Selama PPKM
Jakarta -

Bioskop akhirnya buka lagi setelah ditutup beberapa bulan akibat melonjaknya kasus positif virus Corona (COVID-19). Namun, masyarakat belum bisa nonton dengan bebas di bioskop.

Ada sejumlah hal yang harus dipatuhi. Untuk itu detikcom merangkum apa-apa saja yang dilarang selama di bioskop.

1. Makan

Di bioskop CGV, penonton untuk sementara dilarang makan dan minum di dalam teater pemutaran film. Dalam kondisi normal hal itu diperbolehkan.

"Tidak diperkenankan membawa makan dan minum di area bioskop," kata Corporate Communication CGV, Marsya Gusman ditemui di CGV Grand Indonesia, Kamis (16/9/2021).

Informasi tersebut juga tertera di meja pemesanan tiket yang bertuliskan "Mohon maaf untuk saat ini belum diperkenankan makan & minum di dalam bioskop".

Sementara di bioskop XXI Plaza Indonesia yang dikunjungi detikcom, menurut salah seorang petugas tidak ada larangan makan di dalam bioskop, yang dilarang adalah membawa makanan dan minuman dari luar. Dilihat di aplikasi XXI pun tidak ada larangan untuk makan di dalam bioskop. Namun, hari ini gerai makanan-minuman di XXI Plaza Indonesia belum buka.

2. Duduk Bersebelahan

Kapasitas penonton di bioskop saat ini masih dibatasi hanya 50% dari total kapasitas tempat duduk. Tempat duduknya pun dibuat berjarak, masing-masing penonton dibatasi oleh satu kursi yang dibiarkan kosong dengan tanda silang. Marsya menuturkan bahwa penonton di CGV dilarang berpindah-pindah tempat duduk termasuk duduk bersebelahan.

"Tidak diperkenankan untuk berpindah-pindah saat film berlangsung," katanya.

Di XXI juga berlaku aturan yang serupa. Dilihat di aplikasi XXI, penonton harus selalu menerapkan physical distancing. Di dalam teater pun sudah diberi tanda silang pada bangku yang tidak boleh diduduki.

3. Lepas Masker

Meskipun ruang teater gelap saat film diputar, penonton jangan coba-coba melepas maskernya. Marsya menjelaskan di tiap teater pemutaran film CGV ada petugas yang melakukan pengawasan.

"Pengawasannya dari tim kami juga pastinya akan ada yang menjaga di dalam bioskop dan tentunya akan ada peneguran kalau misalnya ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang ada," tambahnya.

Pada bioskop XXI pun penonton juga diwajibkan untuk selalu memakai masker. Artinya saat menonton pun masker tetap dipakai.

(toy/fdl)