Siap-siap! PeduliLindungi Mau Diuji Coba di Pasar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 25 Sep 2021 18:16 WIB
Mendag M Lutfi
Siap-siap! PeduliLindungi Mau Diuji Coba di Pasar
Jakarta -

Kementerian Perdagangan akan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan hal ini demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung dari penularan COVID-19 dan turut menggerakkan perekonomian.

"Ada beberapa pasar rakyat yang akan diujicoba dengan memperhatikan tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola pasar rakyat," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Lutfi menjelaskan pertimbangannya antara lain pedagang dan pengelola pasar sudah divaksinasi 100%. Kemudian pasar menerapkan protokol kesehatan sesuai rekomendasi Kemendag.

Pada pasar rakyat juga memiliki akses pintu masuk dan keluar yang dapat dikontrol pengelola, serta punya standar operasional prosedur (SOP) dalam penerapan protokol kesehatan, dan menyediakan sumber daya manusia dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi.

"SOP PeduliLindungi sangat penting agar dapat berdampingan dengan COVID-19 karena pandemi ini tidak akan cepat selesai dan kegiatan ekonomi dapat berjalan kembali," jelasnya.

Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) mengusulkan implementasi penggunaan aplikasi ini di sejumlah pasar yaitu Pasar Mayestik Jakarta, Pasar Blok M Jakarta, Pasar Baltos kota Bandung, Pasar Modern BSD Tangerang Selatan, Pasar Modern 8 Alam Sutera Tangerang, dan pasar Wonodri Semarang. Sebanyak enam pasar ini sudah mendapat QR code dari Kementerian Kesehatan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.