Nggak Cuma Krisis BBM, Ini Daftar Barang yang Mulai Langka di Inggris

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 10:31 WIB
Krisis BBM tengah melanda Inggris. Kondisi itu membuat antrean kendaraan terjadi di SPBU yang masih memiliki stok BBM.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Krisis bahan bakar atau BBM yang kini melanda Inggris meluas ke barang-barang lainnya. Warganya kini kesulitan mendapatkan makanan hingga mainan di supermarket.

Berikut daftar barang-barang yang langka di Inggris disadur detikcom dari BBC, Rabu (29/9/2021):

1. Mobil baru dan bekas

Produksi kendaraan global telah dilanda kekurangan microchip semikonduktor. Komponen tersebut sangat penting untuk menjaga agar kegiatan produksi tetap berjalan.

Selama pandemi COVID-19, pembuat mobil tutup sehingga produsen microchip mengalihkan chip yang biasanya dipasok untuk mobil ke pasar elektronik konsumen.

Dengan lebih sedikit mobil baru yang dijual, harga kendaraan bekas yang banyak dicari melonjak.

2. Bensin

Pemerintah Inggris ingin menekankan bahwa sebenarnya tidak ada kekurangan bensin di negaranya. Dalihnya, ada banyak di kilang dan masalahnya hanya bagaimana membawanya ke SPBU.

Dalam perkembangan terakhir, pemerintah Inggris telah menempatkan tentara untuk membantu meringankan masalah yang disebabkan oleh kekurangan pengemudi kendaraan berat untuk melakukan pengiriman.

Pandemi virus corona, Brexit, dan perubahan pajak semuanya berkontribusi pada kurangnya pengemudi yang memenuhi syarat. Badan-badan industri memperkirakan ada kekurangan sekitar 100.000.

3. Susu

Kekurangan pengemudi truk di Inggris membuat supermarket tidak mendapatkan pengiriman sebanyak dulu. Jadi, ketika mereka menjual produk tertentu perlu waktu lebih lama untuk mengisi rak hingga penuh.

Produk segar seperti susu sangat terpengaruh. Raksasa susu Arla yang memasok susu ke semua supermarket besar di Inggris terpaksa mengurangi pengirimannya karena kurangnya pengemudi truk.

Perusahaan tersebut telah mengalami kekurangan pengemudi sejak awal April dan masalah ini belum berakhir. Biasanya pengiriman ke 2.400 toko hanya sehari, tetapi sekarang tidak dapat mengirim ke semuanya setiap hari.

Pada saat yang sama, setidaknya satu peternak sapi perah mengatakan dia disuruh membuang susunya setelah kekurangan sopir truk untuk mengirim produknya.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Imigran Eropa Dikejar Deadline Daftar 'Status Legal' Tinggal di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]