Naik KRL Bisa Nyambung KA Bandara di Stasiun Manggarai, Begini Caranya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 30 Sep 2021 12:53 WIB
Pembangunan jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai sudah selesai. Fasilitas ini pun sudah bisa digunakan oleh penumpang KRL.
Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta -

Stasiun Manggarai punya wajah baru, penambahan jalur baru dilakukan untuk kereta lintas Bogor-Jakarta Kota. Setidaknya ada 4 jalur baru yang dibuat secara elevated atau layang di Stasiun Manggarai.

Bukan cuma jalur baru, sebuah bangunan stasiun baru juga dibuat. Bangunan itu juga menjadi integrasi antara layanan commuter line dengan kereta bandara. Tak perlu keluar stasiun, penumpang commuter line bisa langsung naik Kereta Bandara Soetta.

Dari pantauan langsung detikcom, Kamis (30/9/2021), layanan integrasi itu letaknya di bangunan baru yang berada di bagian barat Stasiun Manggarai. Bangunan itu terdiri dari 3 lantai, layanan kereta bandara bisa ditemui di lantai 2 dengan peron atau jalur kereta di paling bawah.

Sementara itu, di lantai paling atas digunakan untuk jalur baru commuter line, ada 4 peron baru di sana. Nah bagi penumpang commuter line yang mau lanjut naik KA Bandara Soetta atau sebaliknya, bisa menuju lantai dua.

Ada pintu akses langsung ke ruang tunggu kereta bandara. Di sana ada gate tap in-tap out untuk masuk atau keluar dari layanan kereta commuter line. Setelah itu bagi penumpang Kereta Bandara Soetta bisa langsung membeli tiket melalui vending machine ataupun lewat loket.

Setiap harinya, Stasiun Manggarai melayani ratusan perjalanan kereta api. Wajar saja bila Manggarai menjadi salah satu stasiun tersibuk di Indonesia.Naik KRL Bisa Nyambung KA Bandara di Stasiun Manggarai, Begini Caranya Foto: ANDHIKA PRASETIA

Bagi yang mau naik Kereta Bandara, baiknya langsung masuk ke Pintu Barat Stasiun Manggarai. Aksesnya lewat Jalan Saharjo I dekat Pasaraya Manggarai.

Bicara soal bentuknya, bisa dibilang bangunan integrasi ini sangat mewah dibandingkan dengan stasiun kereta lainnya. Bentuknya bak bandara, bahkan ruangannya pun sejuk karena ada pendingin ruangan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Cek Jalur Layang Stasiun Manggarai, Menhub: Kayak di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]