Ini Ide Gokil Bikin Konten Bisnis di Medsos Biar Produk Laris

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 16:27 WIB
Ilustrasi bisnis digital
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Keberadaan platform online tak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinteraksi, tetapi juga pelaku usaha yang ingin menjual barang-barangnya. Tak ayal, banyak sekali posting-postingan kreatif atau kampanye menarik dari merek-merek terkenal di media sosial.

Dalam praktiknya, para pelaku usaha tersebut menggunakan berbagai platform media sosial mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, hingga yang terbaru yaitu TikTok. Cara-cara unik dan Gokil juga mereka lakukan untuk menarik minat dari para pelanggan.

Nah, buat para pelaku usaha ada nih beberapa ragam ide yang bisa digunakan dalam membuat sebuah konten bisnis yang Gokil dan MAXimal, apa sajakah itu? Ini beberapa di antaranya seperti yang dilansir dari sproutsocial.

Social Media Take Over

Konten awal ini bisa dibilang cukup unik karena kamu membiarkan akun Instagram bisnismu diambil alih oleh satu influencer yang sudah bekerja sama. Biarkanlah si influencer melakukan beberapa aktivitas.

Dengan konten ini, para penggemar dari influencer tersebut pasti secara otomatis akan menontonnya dan brand awareness dari bisnismu akan meningkat. Jangan lupa sisipkan beberapa informasi soal produk dari bisnis kamu yang nantinya secara tidak langsung akan dipasarkan oleh influencer tersebut.

Giveaway

Strategi yang satu ini memang sudah banyak digunakan oleh beberapa merek dalam menggaet pasar. Tapi bukan berarti cara ini usang begitu saja, kamu masih bisa memodifikasi beberapa bagian dari konten giveaway ini.

Misalnya hadiah yang kamu berikan sangat besar atau banyak, sehingga pelanggan akan notice dan mencari tahu cara agar bisa memenangkan giveaway yang bisnismu lakukan, menarik bukan?

Buat Meme

Siapa orang yang tak suka dengan lelucon? Nah, ini yang bisa bisnismu manfaatkan untuk menarik minat masyarakat. Salah satunya bisa dengan cara membuat sebuah meme yang lucu dan juga unik untuk dilihat.

Dilansir dari Lifewire, meme adalah gambar yang ditransmisikan secara viral yang biasanya dihiasi dengan teks dan mengandung unsur lelucon atau bahkan peristiwa terkini. Bila sebuah meme sukses, tentu meme tersebut akan dapat dengan mudah menyebar di media sosial.

Oleh karena itu, pembuatan meme bisa dibilang jadi strategi konten yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dari bisnismu.

Manfaatkan Trending Topics

Jika kamu membuka media sosial Twitter, pada bagian pencarian biasanya akan terdapat topik yang sedang tren saat itu di Indonesia. Topik-topik itulah yang bisa kamu manfaatkan untuk meng-inject merek dari bisnismu.

Misalnya, topik yang sedang tren adalah soal film yang sedang hot saat itu. Nah, kamu bisa dengan sedikit kreativitas ikut-ikutan meramaikan tren tersebut dengan sedikit menaruh bumbu-bumbu produk bisnismu ke dalamnya, tertarik?

Bikin Video Pendek

Untuk memasarkan sebuah produk, kamu nggak perlu kok membuat video panjang yang rumitnya bikin kepala pusing. Coba deh sekali-kali buat sebuah video pendek yang simpel, tapi memuaskan dan dapat menarik minat pelanggan.

Itulah mengapa klip video berukuran kecil masih merupakan ide yang sempurna untuk Twitter, Instagram, dan Facebook. Klip semacam itu memerlukan pengeditan minimal, dapat diambil dalam hitungan detik dan sangat bagus untuk dibagikan.

Tadi itu merupakan beberapa konten di media sosial yang bisa dilakukan kamu untuk meningkatkan brand awareness produk. Apalagi di masa pandemi saat ini, menuntut pelaku usaha untuk cepat beradaptasi dari offline ke online.

Bagi kamu yang bingung cara memanfaatkan platform digital untuk perkembangan bisnis, jangan khawatir. Smartfren di tahun 2021 mengeluarkan program inkubasi dan pemberdayaan bernama Teman Kreasi Indonesia. Melalui program ini diharapkan dapat mendorong lahirnya wirausahawan digital di Indonesia.

Apalagi program ini akan memberikan pesertanya pendampingan, pembekalan dan fasilitas yang mendukung usahanya. Smartfren juga menyediakan dengan internet yang didukung Smartfren Gokil Max yang punya kuota sultan. Gokil Max memberikan kuota lebih besar hingga 36 GB dan ada Extra Kuota hingga 70 GB (01.00 - 05.00 WIB).

Harganya juga ramah kantong lho yaitu mulai Rp30 ribu saja sudah bisa internetan MAXimal di semua aplikasi kapan saja dan di mana saja.

Ada juga pilihan Smartfren Gokil Max yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mulai dari Gokil Max 9 GB dengan harga Rp30 ribu, kamu akan mendapatkan 3 GB Kuota Nasional, 6 GB Kuota Lokal, dan Extra Kuota 30 GB (01.00 - 05.00 WIB). Ada juga Gokil Max 21 GB dengan harga Rp50 ribu, kamu akan mendapatkan 7 GB Kuota Nasional, 14 GB Kuota Lokal, dan Extra Kuota 50 GB (01.00 - 05.00 WIB).

Terakhir ada Gokil Max 36 GB dengan harga Rp70 ribu, kamu akan mendapatkan 12 GB Kuota Nasional, 24 GB Kuota Lokal, dan Extra Kuota 70 GB (01.00 - 05.00 WIB). Eits, soal pembagian kuota kamu nggak perlu bingung, Kuota Nasional bisa digunakan di mana saja sedangkan Kuota Lokal bisa digunakan di kota asal pembelian kartu perdana Gokil Max.

Kamu juga bisa nih melihat berbagai konten bisnis yang bermanfaat agar semakin berkembang lagi dengan mem-follow @temankreasi_id!

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihatnya di sini.

(ads/ads)