ADVERTISEMENT

Apa Itu Perusahaan Cangkang? Ini Penjelasannya

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 20:00 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Saham melanjutkan penguatan kemarin dan semakin mendekati rekor tertingginya sepanjang masa, pasca hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal Pilpres
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Dokumen Pandora Papers bocor, kepemilikan aset dan perusahaan cangkang di negara surga pajak 'tax haven' atau terkadang disebut negara suaka pajak diungkap. Apa yang dimaksud perusahaan cangkang?

1. Perusahaan 'Fiktif'

Perusahaan cangkang adalah sebuah perusahaan yang bisnisnya tidak aktif, asetnya sangat sedikit, atau bahkan perusahaan yang hanya ada di atas kertas. Gampangnya, ada sebuah perusahaan yang hanya sekadar nama tapi tidak ada wujud fisiknya. Demikian disadur detikcom dari Investopedia, Rabu (6/10/2021).

2. Tidak Semua Ilegal

Perusahaan cangkang tidak semuanya ilegal, tapi kadang disalahgunakan, misalnya untuk 'menyembunyikan' kepemilikan bisnis dari penegak hukum atau publik.

Di Amerika Serikat (AS), perusahaan diizinkan secara hukum untuk mendirikan perusahaan cangkang di negara-negara 'offshore', yaitu negara dengan pajak yang lebih rendah. Beberapa orang mengatakan kode pajak AS sendirilah yang memaksa perusahaan domestik untuk membuat perusahaan cangkang di luar negeri.

3. Untuk Penghindaran Pajak

Alasan bagi perusahaan untuk mendirikan perusahaan cangkang di negara surga pajak adalah untuk menghindari pajak di negaranya.

Perusahaan cangkang juga bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan lembaga keuangan untuk melakukan aktivitas keuangan di pasar luar negeri. Hal itu memungkinkan mereka untuk berinvestasi di pasar modal di luar batas negaranya dan merealisasikan potensi penghematan pajak.

4. Bisa Disalahgunakan

Meskipun ada alasan yang sah untuk mendirikan perusahaan cangkang, banyak orang kaya menyalahgunakan perusahaan cangkang untuk keuntungan pribadi. Perpajakan progresif di Amerika Serikat misalnya, perlahan-lahan menyebabkan orang mencari suaka pajak.

Mereka yang berpenghasilan besar secara signifikan menempatkan diri mereka sebagai perusahaan cangkang di satu atau banyak lokasi, seperti Kepulauan Cayman. Itu adalah area abu-abu penghindaran pajak, di mana orang menyalurkan pendapatan melalui perusahaan cangkang sedemikian rupa sehingga tidak dihitung sebagai pendapatan pribadi.

Penyalahgunaan perusahaan cangkang yang sering terdengar adalah pencucian uang. Ketika uang diperoleh melalui cara ilegal maka diperlukan cara agar uang tersebut tidak terdeteksi. Sebuah perusahaan cangkang sangat ideal untuk tujuan tersebut. Dengan mengaburkan kepemilikan perusahaan cangkang dan aktivitasnya, relatif mudah untuk menyembunyikan asal dan maksud sebenarnya dari sejumlah besar dana yang mengalir.

(toy/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT