3.103 Komcad Baru Ditetapkan Jokowi, Segini Gaji dan Cara Daftarnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 12:30 WIB
Upacara penetapan pasukan Komcad (Dok. Tim Dokumentasi Menhan Prabowo Subianto).
3.103 Komcad Baru Ditetapkan Jokowi, Segini Gaji dan Cara Daftarnya
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 3.103 anggota Komponen Cadangan (Komcad). Jokowi mengatakan Komcad ini bertugas sebagai komponen pendukung untuk TNI sebagai komponen utama pertahanan RI.

Meki demikian, dia menegaskan setelah ditetapkan semua anggota kembali ke profesinya masing-masing. Karena masa aktif Komcad, disebut tidak setiap hari.

"Anggota Komcad tetap berprofesi seperti biasa biasa. Masa aktif Komcad pada saat mengikuti pelatihan dan pada saat mobilisasi. Tetapi anggota Komcad harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komcad dikerahkan bila negara darurat militer atau keadaan perang," kata Jokowi dalam Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun 2021, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (9/10/2021).

Anggota Komcad dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI. Sementara komando dan kendalinya berada di Palima TNI.

"Artinya tidak ada Komcad yang melakukan kegiatan mandiri. Perlu saya tegaskan Komcad tidak boleh digunakan lain kecuali kepentingan pertahanan. Komcad hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara," tuturnya.

Dengan tanggung jawab yang bertambah sebagai anggota Komponen Cadangan, berapa sih gaji dan cara untuk mendaftarkan diri sebagai Komcad?

Gaji Komcad

Mengutip dari PPID.Kemhan.go.id, Komponen Cadangan adalah salah satu program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Dalam UU tersebut tidak dibeberkan secara spesifik gaji yang akan didapat Komcad. Tetapi pada pasal 36 disebutkan Komcad selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran berhak mendapatkan uang saku.

Selain itu, perlengkapan perorangan lapangan, rawatan kesehatan, dan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Syarat Daftar

Kemudian, mengenai rekrutmennya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi anggota Komcad. Di antaranya, setiap warga negara yang berusia 18-35 tahun, dengan latar belakang apa saja yang memenuhi persyaratan bisa secara sukarela mendaftar menjadi anggota Komcad.

Syarat selanjutnya, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Mahasiswa hingga ASN bisa mendaftarkan diri menjadi Komcad.

Namun, tentu setelah mendaftar harus lulus seleksi yang ketat dari TNI. Seleksi itu terdiri dari seleksi administratif dan seleksi kompetisi. Hal ini diatur di UU No 23 Tahun 2019 pasal 34.

"(1)Setiap calon Komponen Cadangan yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33 mengikuti seleksi pembentukan. (2) Seleksi pembentukan calon Komponen Cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: a. seleksi administratif; dan b. seleksi kompetensi," bunyi pasal 34.

Setelah dinyatakan lulus seleksi, maka akan mendapatkan pelatihan militer dasar selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan militer milik TNI, baik TNI AD, AL maupun AU.

Selama masa pelatihan, bila calon anggota Komcad tersebut berprofesi sebagai ASN atau karyawan swasta, akan tetap mendapatkan haknya dari instansi tempat mereka bekerja,selain itu negara juga akan memberikan uang saku, jaminan asuransi dan kebutuhan lainya selama pelatihan.

Bila anggota Komcad tersebut adalah Mahasiswa maka mereka tetap memperoleh hak mereka sebagai mahasiswa.

(fdl/fdl)