Lama Hilang, Jack Ma Kegep Lagi Belanja di Toko Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 08:42 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Pendiri Alibaba Jack Ma disebut-sebut sedang berada di Pulau Mallorca, Spanyol menggunakan kapal mewahnya. Hal itu diungkap dua media Spanyol.

Dikutip dari Reuters, Kamis (21/10/2021), miliarder China ini menghilang dari pandangan publik usai mengkritik sistem regulasi China dalam pidatonya tahun lalu. Hal itu juga membuat kerajaan bisnisnya mendapat pengawasan ketat dari regulator, bahkan IPO Ant Group ditangguhkan.

Surat kabar Diario de Mallorca melaporkan, Jack Ma terlihat di pelabuhan Andratx pada Selasa kemarin. Ia tengah membeli produk dekorasi rumah di toko lokal.

Superyacht Zen miliknya telah bergerak di sepanjang pantai barat laut Mallorca selama beberapa hari terakhir dan bersandar di Andratx pada hari Selasa.

Pada hari Rabu, kapal itu dikabarkan berlabuh di dekat kota pantai Santa Ponsa. Namun, juru kamera Reuters hanya melihat perahu-perahu pendukung yang lebih kecil kembali ke superyacht dari pantai dalam keadaan kosong. Jack Ma tidak terlihat.

Lalu, surat kabar El Pais melaporkan, Ma telah mengunjungi Kepulauan Balearic Spanyol sejak Sabtu. Ia ditemani pebisnis China dan keamanan.

Sementara, media yang dimiliki Alibaba, South China Morning Post Hong Kong melaporkan pada Selasa lalu bahwa Ma berada di Spanyol untuk studi tentang pertanian dan teknologi.

Munculnya Jack Ma telah mengerek saham Alibaba hampir 10%. Para broker menilai, investor melihat perjalanan Ma sebagai tanda jika pemerintah China melonggarkan pengawasannya.

Tonton juga Video: Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang

[Gambas:Video 20detik]




(acd/das)