Geber Ekonomi-Dukung Lumbung Pangan, Kapal Perintis Dirilis di Kalsel

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 19:45 WIB
Kapal Perintis di Kalsel KM Sabuk Nusantara
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Stagen Kota Baru - Batu Licin berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan merilis Kapal Perintis baru rute trayek Perintis R-12.

Kapal perintis yang melayani trayek R-12 ini adalah Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 111 yang resmi diluncurkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Mugen Sartoto di Pangkalan Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kehadiran KM Sabuk Nusantara 111 ini merupakan bentuk komitmen Kemenhub dalam meningkatkan layanan dan konektivitas di Indonesia," kata Capt Mugen dalam keterangannya, Sabtu (23/10/2021).

Trayek R-12 ini merupakan rute yang diusulkan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, dalam memfasilitasi dan mendukung pergerakan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal serta program strategis pemerintah provinsi sebagai lumbung pangan bagi Kawasan Ibu Kota Negara, sebelumnya dilayani oleh KM Prima Nusantara 01, kapal pengganti ketika KM Sabuk Nusantara 111 dalam masa pembangunan.

Capt Mugen menjelaskan bahwa pembangunan sarana transportasi laut dilakukan guna memperlancar arus penumpang, barang, dan jasa serta informasi seluruh ke penjuru tanah air sehingga akan memperlancar roda perekonomian dan membantu distribusi logistik nasional serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mewujudkan Wawasan Nusantara serta semakin meningkatkan ketahanan nasional.

"Kami sampaikan bahwa Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 111 Pelabuhan Pangkalan Kotabaru ini, merupakan kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang dalam pengoperasiannya diamanahkan kepada Kantor KSOP Kelas III Kotabaru Batulicin," ujarnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.