Pejabat ke Konferensi Iklim Pakai 400 Pesawat, Picu Polusi Karbon Raksasa

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 02 Nov 2021 10:34 WIB
Business people boarding airplane, walking up the staircase.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/izusek

Otoritas penerbangan mengkonfirmasi lebih dari 400 pesawat pribadi kemungkinan akan membawa lebih dari 1.000 pemimpin dunia. Sekitar 100 pesawat diyakini membawa delegasi dari Eropa, dengan sebagian besar perjalanan pulang pergi memakan waktu rata-rata empat jam.

Sementara 300 perjalanan jarak jauh lainnya akan memakan waktu sekitar 20 jam di udara. Perjalanan jet pribadi rata-rata memancarkan 10 kali lebih banyak gas rumah kaca per orang dibandingkan perjalanan yang sama pada penerbangan kelas ekonomi, dan 150 kali lebih banyak daripada perjalanan kereta api.

Dampak pemanasan total dari penerbangan jet pribadi dari bandara Inggris berjumlah sekitar satu juta ton CO2 setiap tahun. Leo Murray, salah satu penulis laporan 2019 tentang kebijakan penerbangan dan iklim mengatakan jet pribadi bertenaga bahan bakar fosil mewakili titik nadir ketidaksetaraan karbon.

"Penggunaannya yang terus-menerus dalam konteks meningkatnya krisis iklim tidak dapat lagi dibenarkan," kata Murray.

Delegasi yang tiba di Inggris untuk COP26 telah diarahkan ke tujuh bandara, termasuk dua yang khusus melayani jet pribadi. Bandara Farnborough di Hampshire telah menjadi sasaran aktivis yang menyerukan diakhirinya penerbangan pribadi yang disewa oleh elite dan oligarki super kaya.



Simak Video "Isu Perubahan Iklim di COP26: Jokowi: Komitmen RI Menjadi Bagian Solusi"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/ara)