Strategi Erick Thohir Bantu Pengusaha Kecil Naik Kelas

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 24 Nov 2021 17:32 WIB
Jakarta -

Kementerian BUMN di bawah Menteri BUMN Erick Thohir memiliki sejumlah strategi untuk mengembangkan usaha mikro kecil (UMK). Salah satunya dengan mendorong UMK masuk dalam daftar pengadaan BUMN ataupun pemerintah.

Dalam paparannya, Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury mendorong optimalisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) melalui proses sertifikasi. Dalam sertifikasi TKDN ini, ada beberapa instansi yang terlibat antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian dan PT Surveyor Indonesia.

Adapun manfaat sertifikasi TKDN ini antara lain UMK naik kelas masuk dalam e-katalog PaDi, ikut serta dalam pengadaan barang jasa pemerintah (LKPP) dan memperoleh preferensi harga dalam proses pengadaan. Pahala mengatakan, sejauh ini sudah ada 6.213 UMK binaan BUMN dalam proses sertifikasi TKDN tersebut.

"Optimalisasi TKDN juga kita lakukan dengan melakukan MoU bersama-sama dengan Kementerian Perindustrian, dan juga Kementerian BUMN dan juga PT Surveyor Indonesia untuk bisa melakukan sertifikasi TKDN bagi 6.000 UMKM yang dibina oleh para BUMN," katanya dalam acara Grand Launching Badn Logistik & Rantai Pasok Kadin Indonesia, Rabu (23/11/2021).

"Sampai dengan sejauh ini sudah sebanyak 6.213 UMK dari 20 BUMN yang sudah dilakukan proses sertifikasi tersebut," sambungnya.

Dia melanjutkan, dari proses tersebut, sebanyak 400 sudah tersertifikat dengan 1.317 produk. "Dan sudah sebanyak 400 sertifikat dan 1.300 produk yang telah selesai," katanya.

Untuk diketahui, TKDN sendiri merupakan besaran kandungan dalam negeri pada barang jasa, serta gabungan barang dan jasa.

(fdl/fdl)