ADVERTISEMENT

Parag Agrawal Jadi Bos Baru Twitter, Jumlah Hartanya Bikin Takjub

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 30 Nov 2021 19:00 WIB
ilustrasi twitter
Ilustrasi/Foto: 9to5mac
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari Twitter. CEO Twitter Jack Dorsey mengundurkan diri dari posisinya di media sosial tersebut. Sebagai gantinya, Twitter menunjuk CTO perusahaan yakni Parag Agrawal untuk mengisi kursi CEO.

Sebagai pimpinan baru Twitter, kekayaan Parag pun menarik untuk dikulik. Bukan karena hartanya yang melimpah, tetapi perbandingan harta Parag Agrawal dan Jack Dorsey bikin takjub karena saking jauh bedanya.

Dikutip dari The Sun, Selasa (30/11/2021), Parag menjadi bagian dari Twitter sejak tahun 2011. Ia diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$ 1,52 juta atau setara Rp 21,73 miliar (asumsi kurs Rp 14.300) menurut PeopleAI.

Angka itu sendiri berbanding terbalik dengan Jack Dorsey, bos lama Twitter yang digantikannya. Menurut Forbes, Jack Dorsey saat ini berharta US$ 11,8 miliar atau sekitar Rp 168,7 triliun.

Menurut profil LinkedIn-nya, Agrawal memulai perjalanannya di Twitter sebagai insinyur perangkat lunak. Ia menjalani posisi itu selama 6 tahun sebelum dipromosikan menjadi CTO perusahaan pada 2017. Sebelum bekerja di Twitter, Agrawal berkarir di Microsoft, Yahoo! dan AT&T.

Ia memperoleh gelar doktor filsafat dalam ilmu komputer dari Standford University di tahun 2012. Sebelumnya, ia menempuh pendidikan di Institute of Technology, Bombay. Parag lahir di India. Saat ini, ia tinggal di San Francisco, California.

Untuk diketahui, dewan direksi Twitter mengumumkan penunjukan Parag sebagai CEO dan anggota dewan di Twitter. Ia akan efektif segera. Sementara, Jack Dorsey akan tetap menjadi anggota dewan hingga 2022.

"Saya memutuskan untuk meninggalkan Twitter karena saya yakin perusahaan siap untuk move on dari para pendirinya. Kepercayaan saya kepada Parag sebagai CEO Twitter sangat dalam," kata Dorsey.

"Karyanya selama 10 tahun terakhir telah transformasional. Saya sangat berterima kasih atas keterampilan, hati, dan jiwanya. Saatnya untuk memimpin," tambahnya.

Parag melanjutkan pengumuman itu dan mengucapkan terima kasih.

"Saya ingin berterima kasih kepada dewan atas kepercayaan mereka pada kepemimpinan saya dan Jack atas bimbingan, dukungan, dan kemitraannya yang berkelanjutan," kata Agrawal.

"Saya berharap untuk membangun semua yang telah kami capai di bawah kepemimpinan Jack dan saya sangat bersemangat dengan peluang di depan," sambungnya.

(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT