ADVERTISEMENT

800 Ribu Dosis Vaksin PMK Disebar, Target Utama Sapi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 22:00 WIB

Selanjutnya adalah sapi perah, karena sapi jenis ini sangat peka dan umurnya harus bisa panjang. Yang terakhir baru sapi biasa baik induk dan anakan.

Makmun juga menjelaskan vaksinasi hanya dilakukan pada ternak yang sehat. Bila ada ternak yang pernah terjangkit PMK minimal 6 bulan setelah dinyatakan sembuh baru bisa divaksin. Pasalnya, antibodi ternak yang berhasil sembuh dari PMK sedang bagus-bagusnya pada saat 6 bulan pertama setelah terjangkit.

"Bagi yang terpapar dan sembuh akan divaksin 6 bulan kemudian, karena tingkat antibodi sedang tinggi dan dia survive hidup kembali. Jadi kami mohon peternak jangan ajukan divaksin bagi yang sudah terkena, pastikan 6 bulan sembuh baru kita vaksin kembali," jelas Makmun.

Selain melakukan vaksinasi, Makmun menjelaskan pihaknya juga melakukan penyebaran obat bagi ternak yang sudah terjangkit PMK di Indonesia. Jumlah obat yang terdistribusi sudah mencapai 203 ribu dosis.

Pihaknya juga melakukan pembagian 2,6 juta liter disinfektan PMK ke seluruh Indonesia untuk meminimalisir penyebaran PMK pada hewan ternak.


(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT