Pertamina SMEXPO 2022 Tampilkan Produk UMKM Berkualitas Global

ADVERTISEMENT

Pertamina SMEXPO 2022 Tampilkan Produk UMKM Berkualitas Global

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Senin, 28 Nov 2022 19:40 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Pameran UMKM Pertamina SMEXPO 2022 digelar secara hybrid. Ada 555 UMKM yang berpartisiasi di Pertamina SMEXPO tahun ini.

Rangkaian acara pameran diawali dengan virtual exhibition, hari ini Senin (28/11/2022). Adapun pameran offline akan diselenggarakan di mall FX Sudirman, Jakarta mulai Selasa (29/11) sampai Minggu (4/12).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina SMEXPO 2022 merupakan pameran ketiga kalinya yang diperuntukkan bagi UMKM Indonesia sebagai pahlawan ekonomi nasional.

"Indonesia memiliki perbedaan dengan negara lain, karena memiliki UMKM yang memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap perekonomian nasional dan 97% terhadap penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk terus support UMKM," kata Nicke dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Ia menyampaikan Pertamina melanjutkan program yang sifatnya perintis yang tidak dapat dijalankan oleh swasta. Pertamina, kata Nicke, menjadi motor penggerak pertumbuhan UMKM dan industri dalam negeri dengan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Pertamina yang cukup besar.

"Kita harus mengembangkan UMKM. Dalam kesempatan ini saya sangat apresiasi UMKM yang tahun lalu di dalam SMEXPO ada 220 UMKM dan tahun ini meningkat jumlahnya menjadi 555 UMKM dan ini secara langsung menyerap tenaga kerja sebanyak 2.750 orang. Kita berharap tahun depan angkanya bisa bertambah 1.000 UMKM," papar Nicke.

Pertamina SMEXPO 2022 tahun ketiga ini mengusung tema 'Asli Indonesia, Asli Kerennya'. Dengan tema ini, kata Nicke, Pertamina SMEXPO diharapkan dapat meningkatkan persepsi masyarakat Indonesia, terhadap produk lokal asli Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk mancanegara.

Nicke pun mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk UMKM. Ia menyatakan kualitas produk UMKM pun banyak yang sudah diakui dunia sehingga bisa menembus pasar ekspor.

Nicke menjabarkan Pertamina SMEXPO merupakan bagian dari upaya pembinaan Pertamina kepada UMKM binaan yang sejak tahun 1993 sampai saat ini telah tercatat lebih dari 66 ribu UMKM. Dari rangkaian program pembinaan tersebut, mitra binaan yang telah dinyatakan UMK naik kelas sejak 2020 Sebanyak 750 UMK, dengan 116 di antaranya sudah berhasil masuk kategori Go Global.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT