Follow detikFinance
Senin, 05 Mar 2018 11:04 WIB

Rupiah Melemah, Fadli Zon: Sri Mulyani Mikir! Kan Menteri Terbaik Sedunia

Gibran Maulana Ibrahim - detikFinance
Foto: Fadli Zon melayat ke rumah duka Daoed Joesoef (Sesha-detikcom) Foto: Fadli Zon melayat ke rumah duka Daoed Joesoef (Sesha-detikcom)
Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) belakangan ini melemah. Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk berpikir mencari solusi.

"Suruh mereka (pemerintah) mikir lah, kan (Sri Mulyani) menteri terbaik itu seluruh dunia. Bagaimana ini memikirkan rupiah melemah," kata Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/3/2018).


Fadli mengaku mendengar kabar kalau Bank Indonesia telah melakukan intervensi terkait melemahnya nilai tukar rupiah itu, namun belum ada perubahan signifikan. Fadli meminta pemerintah benar-benar memikirkan hal itu.

"Ini harus diatasi pemerintah karena membahayakan ekonomi. (Pelemahan rupiah) Meningkatkan utang dan pembayaran lain (dalam) US$," ucapnya.

Baru-baru ini, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menilai gejolak atau volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan berlangsung hingga minggu ketiga Maret. Namun Agus memastikan, gejolak nilai tukar berada di kisaran yang masih wajar yakni di level 7-8%.


Terpisah, Analis Ekuator Swarna Sekuritas David Sutyanto menilai, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga sempat menyentuh Rp 13.800 itu masih dalam tahap wajar. Pasalnya, pelemahan nilai tukar itu tak hanya dialami rupiah, tapi juga mata uang lainnya.

"Ya memang indeks mata uang lain di dunia kan juga sama melemahnya ya, jadi menurut saya memang wajar-wajar saja, semuanya juga melemah kok," kata David kepada detikFinance.

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed