Follow detikFinance
Selasa 23 Aug 2016, 13:24 WIB

Mengenal Investasi Saham Lewat Game Online

Dana Aditiasari - detikFinance
Mengenal Investasi Saham Lewat Game Online Foto: Dana Aditiasari
Jakarta - Edukasi pasar modal tak melulu harus dilakukan lewat seminar dan pelatihan serius yang membosankan. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan terobosan baru memperkenalkan dunia pasar modal dengan aplikasi permainan online yang diberi nama "Nabung Saham Go".

Aplikasi permainan yang nantinya bisa diunduh dan dimainkan di telepon selular pintar berbasis android ini berisikan berbagai informasi mengenai pasar modal.

"Orang bisa mendapatkan informasi soal pasar modal dari mulai apa itu pasar modal, bagaimana cara berinvestasi. Pokoknya semua tentang pasar modal hanya dengan bermain game," kata Gonthor R Aziz, Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK, di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Permainan tersebut hari ini diperkenalkan dalam acara "Pengenalan Online Game Nabung Saham Go" dan simulasi game "Stocklab" yang digelar di main hall Gedung BEI, Jakarta.


Cara Bermain Nabung Saham Go

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia, Nicky Hogan menjelaskan, sebelum dapat dimainkan, pemain game ini akan terlebih dahulu melakukan personalisasi karakter pengganti dalam game alias avatar.

Personalisasi yang dilakukan dari mulai memilih jenis kelamin avatar yang akan dimainkan, pakaian dan penampilan yang diinginkan hingga jenis pekerjaan.

Setelah itu, pemain game akan melakukan personalisasi dekorasi rumah sebagai halaman utama dari game ini. Dekorasi rumah bisa diperbaharui dengan membeli berbagi perabot yang dibayar menggunakan poin. Poin tersebut didapat selama permainan.

Poin-poin tersebut didapatkan dengan mengunjungi berbagai tempat dalam game, dari mualai Gedung OJK hingga Gedung Bursa Efek Indonesia.

"Di setiap tempat yang dikunjungi, pemain akan mendapat beberapa pertanyaan seputar pasar modal. Setiap jawaban yang benar akan diberikan poin," cerita dia.

Pengenalan permainan ini dilakukan di hadapan 100-an mahasiswa dari berbagai kampus. Game ini sendiri akan resmi diluncurkan pada Sabtu mendatang.

"Hari Sabtu akan di-launching," kata dia.

Stocklab

Di saat yang bersamaan, dilakukan pula pengenalan permainan kartu yang diberi nama Stocklab. Permainan ini memanfaatkan media kartu-kartu yang dapat dimainkan dan menggambarkan secara sederhana bagaimana cara berinvestasi di pasar modal.


"Permainan ini dikaitkan dengan investasi saham dan reksa dana. Pemain juga bisa tahu bagaimana cara perusahaan IPO (melakukan penawaran perdana saham) dan lain-lain," pungkas dia. (dna/drk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed