Follow detikFinance
Rabu 05 Apr 2017, 20:12 WIB

Dana Repatriasi Tax Amnesty Rp 10 T Masuk Pasar Modal

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Dana Repatriasi Tax Amnesty Rp 10 T Masuk Pasar Modal Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan dana repatriasi tax amnesty yang masuk ke pasar modal terus mengalami pergerakan. Menurutnya, danan repatriasi yang masuk pasar modal hampir tembus Rp 10 triliun.

"Update terbaru yang saya lihat hampir Rp 10 triliun atau sekitar 9,9 triliun. Tetapi itu kan terus bergerak ya. Mudah-mudahan kita lihat lagi ke depan. Baru minggu lalu, ada wartawan nanya, saya jawab Rp 9 triliun. Mungkin sekarang sudah sekitar Rp 9,9 triliun atau hampir Rp 10 triliun," ujar Nurhaida di Kantor OJK, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Dana repatriasi itu masuk lewat instrumen seperti reksa dana, saham, kontrak pengelolaan dana (KPD) dan obligasi pemerintah.

"Jadi yang banyak itu SBN, reksadana, saham, obligasi, dan lain-lain. Crossing saham ada tapi mungkin sedikit," kata Nurhaida

Menurutnya, dengan adanya instrumen pasar modal yang menyerap dana-dana repatriasi tadi, maka penghimpunan dana di pasar keuangan bisa lebih besar.

"Kalau penyerapannya kita lihat tergantung dari apakah ada obligasi yang dibeli berdasarkan dana repatriasi, atau penerbitan saham baru, jadi potensi penyerapannya adalah kurang lebih kami lihat fundraising yang ada di pasar modal berapa banyak. Nah kalau tahun lalu fundraising di pasar modal itu sampai Rp 195 triliun, apakah melalui saham, obligasi, obligasi berkelanjutan, dan lainnya," tukasnya.

Adapun komitmen dana repatriasi hingga akhir program tax amnesty, Jumat (31/3/2017) sebesar Rp 147 triliun, namun realisasinya baru sebesar Rp 122 triliun. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed