Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 19:58 WIB

BI: Rupiah Menguat 1,1% Terhadap Dolar AS di Akhir Maret

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
BI: Rupiah Menguat 1,1% Terhadap Dolar AS di Akhir Maret Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menilai untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. BI terus menjaga nilai tukar tupiah agar sesuai dengan fundamentalnya.

Nilai tukar rupiah bergerak menguat sepanjang kuartal I 2017 dan relatif stabil pada April 2017. Pada kuartal I, nilai tukar rupiah secara poin to poin menguat 1,1% ke level Rp 13.326 per dolar AS.

Sepanjang April 2017, rupiah relatif stabil dan ditutup pada level Rp 13.329 per dolar AS. Penguatan rupiah didukung oleh masih berlanjutnya aliran masuk modal asing sejalan dengan perbaikan outlook sovereign rating, data makroekonomi yang positif dan sentimen positif terhadap prospek ekonomi Indonesia.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, nilai tukar yang cukup fleksibel mencerminkan kondisi fundamental ekonomi Indonesia.

"Sekarang memang sedang ada arus dana masuk yang besar, tapi BI akan terus mewaspadai agar nilai tukar tetap terjaga," ujar Agus dalam konferensi pers di gedung BI, Kamis (18/5/2017)

Agus mengatakan BI tetap melakukan langkah stabilisasi untuk mendorong nilai tukar yang sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar.

BI juga akan menjaga makroprudensial dan mewaspadai risiko sistemik dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menghadapi kondisi ke depannya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed