Follow detikFinance
Selasa 13 Jun 2017, 14:05 WIB

Dolar AS di 2018 Masih Tinggi, Prediksinya Rp 13.500-Rp 13.800

Hendra Kusuma - detikFinance
Dolar AS di 2018 Masih Tinggi, Prediksinya Rp 13.500-Rp 13.800 Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Dalam melakukan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 pemerintah mengusulkan, asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) adalah sekitar Rp 13.500-Rp 13.800/US$.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, mengatakan beberapa faktor yang melandasi perhitungan tersebut adalah cadangan devisa yang saat ini jumlahnya US$ 124,95 miliar.

"Dan ini (cadangan devisa) akan meminimalisir dampak keputusan Fed Fund Rate (suku bunga acuan The Fed) yang dalam waktu dekat terjadi," kata Agus, di Ruang Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Faktor selanjutnya berasal dari kinerja perekonomian nasional yang relatif lebih baik seperti akselerasi infrastruktur, lalu keberhasilan program pengampunan pajak, terjaganya tingkat inflasi, dan penurunan defisit transaksi berjalan.

"Lalu faktor capital inflow (arus dana asing masuk) karena quantitative easing membuat rupiah menguat, situasi inflow tetap terjaga, pasar merespons baik nilai tukar rupiah, dulu eksportir menahan dolar, sekarang market senantiasa merespons baik, dan ini akan melakukan pendalaman pasar keuangan," ungkap dia.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan tingginya rata-rata asumsi nilai tukar rupiah di 2018 yang diajukan pemerintah didasari oleh capaian kinerja di tahun sebelumnya.

"Untuk APBN angka indikatif kurs bukan angka target, karena pemerintah tidak menargetkan, namun dia merupakan supaya asumsi agar kita bisa membuat kalkulasi penerimaan dari SDA (sumber daya alam) dan juga untuk membayar kewajiban terutama dalam valuta asing di dalam APBN kita, ini sebagian dari penerimaan pajak kita dalam valuta asing, dan juga dari sisi belanja sehingga ketika asumsi asing ini pemerintah menargetkan itu," jelas Sri Mulyani. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed