Follow detikFinance
Rabu 20 Sep 2017, 10:27 WIB

Canda Darmin di Peluncurkan Sekuritisasi Aset Anak Usaha PLN

Danang Sugianto - detikFinance
Canda Darmin di Peluncurkan Sekuritisasi Aset Anak Usaha PLN Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT Indonesia Power (IP), melakukan sekuritisasi atas aset dasar piutang usaha. Produk tersebut bernama Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) Danareksa Indonesia Power PLN1-Piutang Usaha (KIK EBA DIPP1) sebesar Rp 4 triliun.

Sebelumnya PT Jasa Marga Tbk (JSMR) sudah lebih dulu mencatatkan KIK EBA Mandiri JSMR01-Surat Berharga Pendapatan Tol Jagorawi senilai Rp 2 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, yang hadir dalam acara tersebut sempat berkelakar.

Menurutnya ada suatu kebetulan dalam peluncuran instrumen investasi yang masih anyar tersebut. Dia mengatakan direktur utama dari Jasa Marga dan IP sama-sama perempuan.

"Lebih hebat lagi Menteri BUMN-nya juga perempuan, jadi buat saya itu menarik sekali. Jangan-jangan ada hubungannya," celetuknya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (20/9/2019).

Para undangan pun menanggapi serius pernyataan Darmin, termasuk Menteri BUMN Rini Soemarno yang namanya disebut. Akan tetapi ternyata pernyataan setelahnya hanya candaan.

"Jangan-jangan kalau laki-laki itu cenderung tidak ingin berbagi. Itu seperti kata Chairil Anwar, dia bilang cintaku jauh di pulau, sedangkan dengan cermin saja saya tidak ingin berbagi," tuturnya disambut gelak tawa para undangan.

Kendati begitu, Darmin menyambut baik sikap dari para perusahaan plat merah yang mau melakukan sekuritisasi asetnya. Sebab dengan begitu mereka bisa mendapatkan dana untuk mengerjakan proyek lainnya. Apalagi pemerintah saat ini tengah fokus menggarap proyek-proyek infrastruktur.

"Jadi memang perlu keberanian, kerelaan. Bayangkan ada aset sudah menghasilkan banyak kemudian disekuritisasi dengan pihak lain. Bukan kepemilikannya tapi aliran uangnya. Tapi dengan unblock di awal sehingga bisa bangun pembangkit lagi. Kita ucapkan selamat pada Kementerian BUMN dan IP atas keberhasilan ini," tukasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed