Follow detikFinance
Jumat 22 Dec 2017, 15:09 WIB

Jual Saham di Pasar Modal, 4 Anak BUMN Serap Rp 3,4 T

Danang Sugianto - detikFinance
Jual Saham di Pasar Modal, 4 Anak BUMN Serap Rp 3,4 T Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Tahun ini sudah ada 36 emiten baru yang melantai di pasar modal. Menariknya dari jumlah itu 4 di antaranya merupakan anak usaha BUMN.

Adapun 4 anak BUMN yang melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) di antaranya PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Tbk, PT PP Presisi Tbk, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (Wika Gedung) Tbk, dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk yang hari ini baru saja mencatatkan saham.

Pihak PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pun berterima kasih kepada Kementerian BUMN atas hal tersebut. Sebab total dana yang diserap atas 4 IPO anak BUMN tersebut cukup besar.

"Kita terimakasih kepada Kementerian BUMN yang sudah membawa 4 perusahaan ini menjadi perusahaan tercatat dengan total perolehan dana yang bisa diraih sekitar Rp 3,4 triliun," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Para anak BUMN itu memang cukup mendominasi dari total perolehan dana hasil IPO tahun ini. Samsul mencatat dari 36 emiten baru tahun ini total dana yang diserap mencapai Rp 9,4 triliun.

"Saya kira itu 30% dari total porsi yang peroleh selama IPO 2017. Harapan kita jadi ke depannya bisa lebih baik dalam pengelolaan perusahaan, transparansi, akuntabilitas, independendensi, dan ini bukan akhir dari cerita. Ini merupakan awal dari berita berikutnya, karena pemanfaatan after IPO itu merupakan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan," tambahnya.

Samsul menambahkan, total BUMN maupun anak usahanya yang tercatat di BEI saat ini memang hanya sekitar 5% dari total emiten yang ada di pasar modal saat ini. Namun jika dilihat dari nilai kapitalisasi pasarnya sangat mendominasi.

"Mereka menguasai sekitar 26,1% dari market capital yang ada di BEI. Secara trading menguasai hampir 26% perdagangan harian di BEI, tentunya kontribusi BUMN dalam hal ini sangat besar," tandasnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed