Follow detikFinance
Jumat, 29 Des 2017 09:56 WIB

IPO Terkahir 2017, Saham Emiten Rajungan Ini Naik 69,33%

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Di hari terakhir perdagangan tahun ini pasar modal kembali kedatangan 1 emiten baru lagi yakni PT Prima Cakrawala Abadi Tbk. Dengan begitu emiten di pasar modal tahun ini bertambah 37 perusahaan.

Pagi ini saham dari emiten yang bergerak dalam bidang pengolahan distribusi hasil perikanan laut khususnya rajungan itu mencatatkan sahamnya. Di detik-detik pertama kalinya diperdagangkan saham berkode PCAR langsung menguat 69,33% atau 104 poin dari harga penawaran Rp 150 jadi Rp 254

Di level itu saham PCAR sudah diperdagangkan hanya 1 kali dengan volume hanya 1 lot dan nilainya mencapai Rp 25.400. Meski hanya sekali diperdagangkan namun saham PCAR sudah langsung auto reject karena menguat terlalu tinggi.

"Hari ini merupakan momen penting bagi industri perikanan khususnya rajungan. Kami sebagai industri pertama yang mencatatkan saham di BEI. Indonesia merupakan produsen rajungan terbesar di dunia karena dikaruniai lautan yang luas dan kekayaan laut yang melimpah. Ini perlu dijaga kelangsungannya," kata Direktur Utama PCAR Raditya Wardhana di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Perusahaan akan melepas sebanyak 466,6 juta lembar saham atau setara 40% dari total modal yang ditempatkan. Dengan harga penawaran tersebut maka perseroan akan mendapatkan dana sebesar Rp 70 miliar.

Dari dana hasil IPO tersebut sekitar 28,1% akan digunakan untuk belanja modal. Dari dana investasi itu sekitar 40% digunakan pembelian peralatan baru, 20% renovasi pabrik dan 40% lagi untuk pembangunan fasilitas baru (mini plant di Rembang, Tuban, Cirebon, Lampung dan Belitung sebagai tempat pengukusan dan pengupasan ranjungan.

Sementara sisa dana IPO sebesar 71,9% digunakan untuk modal kerja perseroan. Seperti pembelian daging dari nelayan, penyedia kapal, dan bahan baku serta pembayaran utang usaha.

PCA Foods sendiri merupakan perusahaan yang baru beroperasi sejak 2014 di Semarang ini, kegiatan usahanya pengolahan distribusi hasil eprikana rajungan. Mereka menyuplai dan memproduksi produk makanan ranjungan kalengan siap saji untuk brand lain.

Selama ini PCA Foods memproduksi dan menyuplai rajungan kalengan untuk perusahaan di Amerika Serikat (AS). Total ekspor dari awal tahun hingga Agustus 2017 sebesar 29,2 ton. Sementara tahun lalu total eskpornya mencapai 27,1 ton. Selain AS perseroan juga mengekspor ke Inggris, Bahrain, Singapura dan Malaysia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed