Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Apr 2018 18:09 WIB

Titip DPR ke Gubernur BI Baru: Jangan Sampai Dolar Rp 15.000!

Muhammad Idris - detikFinance
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Foto: detikcom Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Foto: detikcom
Jakarta - Sidang Paripurna DPR RI telah menyetujui penetapan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia 2018-2023. Selain itu ditetapkan pula Doddy Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode yang sama.

Usai memimpin sidang paripurna, Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan, meminta agar Perry bisa menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah ketidakpastian global. Situasi lainnya yakni menjaga rupiah di tengah semakin kompetitifnya persaingan antar negara di era globalisasi seperti sekarang.

"Yang jadi perhatian publik adalah nilai tukar rupiah. Ini tugasnya Gubernur BI yang baru, agar nilai tukar rupiah dapat dimaksimalkan. Jangan sampai di angka psikologis Rp 15.000 per dolar AS. Ini jadi tantangan agar Gubernur BI yang baru bisa menjaga stabilitas nilai tukar rupiah," ungkap Taufik di Jakarta, Selasa (3/4/2018).


Wakil Ketua Umum DPP PAN ini juga memberikan apresiasi atas kekompakan dan solidnya jajaran Bank Indonesia selama proses pergantian pimpinan ini. Dia menyebut, ini harus menjadi modal kekuatan dalam menghadapi dunia perekonomian yang semakin kompetitif.

"Tadi sangat kompak timnya. Hadir juga gubernur, deputi gubernur, dan jajaran direksi Bank Indonesia yang lama. Ini menunjukan teamwork BI, ini harus jadi kekuatan dalam menghadapi tantangan ke depan. Kalau timnya sudah kuat, maka hal terkait fundamental moneter dapat mudah diatasi," ungkap Taufik.

Di sisi lain, Taufik menilai positif terpilihnya Perry sebagai Gubernur BI. Mengingat, Perry yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur BI, mengetahui arah kebijakan BI, termasuk meneruskan program kerja Gubernur BI sebelumnya, Agus Martowardojo.

"Ya tentu karir beliau yang cukup lama di BI, dapat menjadi nilai positif dalam memimpin BI. Tantangan masih cukup banyak, namun dengan sinergi bersama DPR dan pemerintah, kami harapkan berbagai tantangan itu bisa dihadapi," ujar Taufik.


Sementara itu, dalam laporannya di hadapan sidang paripurna tersebut, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengatakan, bahwa setelah mendengarkan masukan dari seluruh fraksi, rapat internal Komisi XI DPR RI memutuskan secara musyawarah mufakat untuk menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia dan Doddy Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023.

"Kami mengharapkan agar calon Gubernur Bank Indonesia dan calon Deputi Gubernur Bank Indonesia terpilih, dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi adanya potensi gejolak ekonomi global," ucap Hafisz.

Stabilitas perekonomian tersebut harus dilakukan dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya untuk memelihara stabilitas nilai rupiah. Calon Gubernur dan Deputi BI terpilih diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dengan pemerintah, OJK, dan DPR RI terkait dengan kebijakan BI di bidang moneter, makroprudensi, dan sistem pembayaran dengan tetap menjaga independensi BI.

"Kami juga berharap agar kebijakan-kebijakan Bank Indonesia ke depan dapat memberikan dampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan dan mengatasi permasalahan kesenjangan ekonomi di Indonesia," pungkasnya. (idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed