Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Apr 2018 16:37 WIB

Utang Obligasi Sudah Dibayar, Saham Taksi Express Melejit 18,35%

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini telah mencabut penghentian sementara (suspensi) perdagangan saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI). Hal itu lantaran perusahaan pengelola transportasi taksi Express ini telah melakukan pembayaran utang bunga obligasinya yang telah lewat jatuh tempo.

Saham TAXI sudah mulai bisa diperdagangkan sejak sesi II perdagangan hari ini di semua pasar. Saham TAXI pun langsung ngebut dan menguat 18,35% hingga akhir penutupan perdagangan hari ini ke level Rp 187.

Corporate Secretary TAXI Megawati Affan telah mengumumkan bahwa 4 April 2018 perseroan telah mengirimkan dana bunga obligasi ke 15 dan denda keterlambatan selama 11 hari ke rekening PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

"Bahwa dana bunga obligasi dan denda keterlambatan atas obligasi tersebut telah diterima dan akan didistribusikan pada 5 April 2018 melalui C-BEST," tuturnya dilansir dari keterbukaan informasi, Kamis (5/4/2018).

Sebelumnya, PT Pemeringkat Efek indonesia (Pefindo) telah menurunkan peringkat obligasi PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) yang diterbikan 2014 dari BB- menjadi D atau default karena gagal bayar.

Rating itu diberikan ketika terjadi default pembayaran. Hal itu lantaran adanya gagal bayar kupon yang harusnya pada 26 Maret 2018 klemarin.

Pada saat yang sama Pefindo juga menurunkan peringkat korporasi TAXI dari BB- menjadi SD atau selective default. Obligor yang mendapatkan rating SD artinya telah gagal untuk membayar satu atau lebih dari kewajiban keuangannya ketika jatuh tempo, tetapi akan terus melakukan pembayaran tepat waktu pada kewajiban lainnya.

Pada 2014, Express Tansindo Utama telah menerbitkan obligasi dengan nilai Rp 1 triliun. Obligasi dengan kupon 12,25% per tahun ini jatuh tempo pada 24 Juni 2019. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com