Follow detikFinance
Selasa, 15 Mei 2018 16:22 WIB

Soal Dolar AS Tembus Rp 20.000, BCA: Kemungkinannya Kecil

- detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menanggapi santai terhadap fluktuasi nilai tukar Rupiah. Bank swasta terbesar ini yakin perbankan Indonesia masih kuat bahkan jika dolar Amerika Serikat (AS) sampai menembus batas stress test atau uji ketahanan yang disebut OJK Rp 20 ribu.

Direktur BCA Rudy Susanto menjelaskan, stress test dolar AS yang disebut OJK merupakan situasi paling buruk jika pelemahan Rupiah terus terjadi. Sehingga dia yakin kemungkinan untuk mencapai level tersebut sangat kecil.

"Saya rasa waktu stressed dipasang kondisi yang paling jelek yang kemungkinan kejadiannya tuh kecil sekali. Bukan berarti kita akan jadi Rp 20 ribu. Jadi waktu Pak Wimboh (Ketua Dewan Komisioner OJK) bilang stressed Rp 20 ribi itu dianggap kondisi yang berat sekali bank kita bagaimana," tuturnya di Ballroom Kempinsky, Jakarta, Selasa (15/5/2018).


Meski begitu Rudy yakin perbankan Indonesia cukup kuat untuk menahan terpaan fluktuasi kurs. Sebab perbankan Indonesia sudah beberapa kali mengalami pengalaman pelemahan nilai tukar yang lebih dahsyat

"Saya rasa enggak cuma BCA, sebagian besar bank-bank kita ini posisinya jauh lebih bagus daripada posisi 1998," tuturnya.

Soal Dolar Tembus Rp 20.000, BCA: Kemungkinannya KecilFoto: Selfie Miftahul Jannah

Rudy juga menilai kondisi perbankan nasional secara kesuluruhan masih cukup sehat. Meskipun ada beberapa perbankan yang memiliki rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) yang meningkat, namun rata-rata NPL perbankan nasional masih di bawah 3%.

"Jadi kalau ada banyak yang bilang NPL jelek, NPL tinggi tapi itu sebenarnya bagian dari bisnis kita. Uang penting kemampuan dia buat profit cukup nggak untuk hapus NPL ini untuk overcome kondisi ini. Saya rasa sebagian besar bank kita 98-99% itu mampu lah, sangat mampu untuk ini karena CAR kita itu tinggi sekali perbankan Indonesia," tuturnya.
(Danang Sugianto/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed