Follow detikFinance
Senin, 09 Jul 2018 10:32 WIB

Dolar AS Mereda ke Level Rp 14.340

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah siang ini mulai mereda. Mengutip Reuters, Senin (9/7/2018), dolar AS berada di level Rp 14.340.

Angka ini lebih rendah dibandingkan posisi Jumat pekan kemarin di level Rp 14.405. Bahkan, nilai ini lebih rendah dibandingkan hari sebelumnya di level Rp 14.365.


Mata uang Paman Sam bergerak dari level Rp 14.365 kemudian turun ke Rp 14.335. Tak lama berselang, dolar AS turun lagi ke level Rp 14.315 dan naik ke Rp 14.340.

Nilai tukar dolar AS terhadap rupiah belakangan ini bergerak naik turun karena berbagai faktor seperti defisit neraca perdagangan bulan lalu dan sentimen kebijakan AS.


Ketua BPP HIPMI (Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Bidang Ekonomi, Muhamad Idrus mengatakan pelemahan rupiah bukan hanya semata karena persaingan dagang antara AS dengan China dan Uni Eropa, tapi juga disebabkan faktor internal. Oleh karena itu, lanjutnya, Jokowi diminta segera bertindak berupa mengeluarkan kebijakan penyelamatan rupiah.

"Semoga hal ini tidak terjadi, nilai tukar bisa kembali menguat. Industri kita didominasi Foot Loose Industry yang mengandalkan bahan baku impor. Kalau nilai tukar terus melemah, industri kita akan kolaps," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/7/2018). (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed