Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Sep 2018 09:45 WIB

Awal Pekan, Dolar AS 'Galak' Lagi ke Rp 14.870

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pada awal pekan ini menunjukkan tren penguatan kembali. Dolar AS pagi ini menguat 35 poin ke angka Rp 14.870 dari hari kemarin.

Dikutip dari data perdagangan Reuters, Senin (24/9/2018), dolar AS hari ini bergerak dari level Rp 14.855 hingga Rp 14.870. Dari grafik yang ditunjukkan, dolar AS tampak bergerak cukup 'galak' pagi ini setelah pada akhir pekan kemarin sempat menyentuh level Rp 14.815.

Bank Indonesia (BI) sendiri pada pekan lalu optimistis dalam beberapa waktu ke depan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan stabil dan lebih baik.



Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memiliki kecenderungan terapresiasi dan menguat. Dia menjelaskan kecenderungan tersebut dipengaruhi sejumlah faktor, misalnya risiko di pasar keuangan global saat ini sudah mulai mereda.

"Pasar keuangan global sudah mulai membaik, terkait ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China sudah mereda," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dia menambahkan, saat ini banyak investor global melalui fund managernya menganalisis jika dampak dari perang dagang tersebut tidak baik untuk ekonomi AS. Hal ini menyebabkan, para investor mulai kembali ke emerging market.

"Mereka melihat perang dagang itu tidak baik, jadi mereka mulai menginvestasikan kembali ke berbagai negara emerging market. Jadi portofolio yang sudah ditarik dari emerging market, kembali lagi," ujar dia.





Saksikan juga video 'Nilai Dolar Naik, Penjualan OPPO F9 Tak Menurun':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed