Follow detikFinance
Selasa, 09 Okt 2018 10:40 WIB

Masih Tinggi, Dolar AS Pagi Ini Rp 15.230

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Tekanan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pada pagi ini sedikit mereda. Kurs dolar AS pagi ini berada di Rp 15.230. Kemarin dolar AS nyaris Rp 15.300

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Selasa (9/10/2018). Dolar AS pada hari ini bergerak dari level Rp 15.213 hingga 15.246.

Jika ditarik dalam satu minggu ke belakang, rupiah tercatat sudah mengalami pelemahan hingga 1,72%. Tak cuma dolar AS, dolar Singapura juga terus menguat terhadap rupiah.


Faktor eksternal masih dinilai menjadi pengaruh kuat rupiah terus tertekan. Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM Tony Prasetiantono menilai bahwa ekonomi Indonesia saat ini tengah tertekan ketidakpastian global.

Tekanan yang dimaksud, kata Tony terlihat dari nilai rupiah terhadap dolar AS yang terus melemah. Pelemah kurs rupiah juga dipicu defisit transaksi perdagangan dan transaksi berjalan.


Namun menurut Tony, kondisi ekonomi nasional saat ini masih sehat, terlihat dari tren pertumbuhan ekonomi yang berada di level 5%, inflasi terkendali di level rendah, dan kondisi perbankan nasional yang masih sehat.





Tonton juga 'Dolar AS Nyaris Rp 15.300, Ini Kata Sri Mulyani':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed