Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Okt 2018 18:58 WIB

Dolar AS Sempat Dekati Rp 15.300, Bagaimana di Money Changer

- detikFinance
Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah masih terpantau tinggi. Kurs dolar AS pagi ini berada di Rp 15,245. Bahkan kemarin dolar AS nyaris Rp 15.300.

Meski nilai tukar mata uang AS turun beberapa poin dibandingkan kemarin, masyarakat masih saja banyak yang menukar dolar AS. Seperti di kawasan Cikini, money changer Valuta Inti Prima (VIP) menjual dolar dengan harga Rp 15.250, sementara harga jual dari konsumen ke money changer diterima Rp 15.190.

Dari hasil pantauan detikFinance, sejak siang hari tempat penukaran uang ini ramai dikunjugi. Hingga pukul 11.00 WIB saja sudah ada sekitar 900 orang yang antre untuk menukarkan uang.


Banyak diantara mereka menukarkan beberapa mata uang asing, namun Dolar AS masih mendominasi jenis uang yang ditukarkan. Banyak diantaranya menukarkan uang di atas Rp 15 juta.

Salah satu pengunjung yang juga tengah menukarkan uangnya Imron menjelaskan, ia tengah menunggu antrean untuk mendapatkan dolar AS. Ia yang memiliki money changer di kawasan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur menjelaskan. Harga beli dan jual di money changer ini lebih bagus dibandingkan tempat lainnya.

"Kalau di sini tukar besar ya, karena Dolar AS nya ada terus. Kalau yang lain kan belum tentu nominal yang kita butuhkan ada," jelas dia.


Dolar AS memang terpantau masih tinggi hingga menekan rupiah sangat dalam. Jjika ditarik dalam satu minggu ke belakang, rupiah tercatat sudah mengalami pelemahan hingga 1,72%. Tak cuma dolar AS, dolar Singapura juga terus menguat terhadap rupiah. Faktor eksternal masih dinilai menjadi pengaruh kuat rupiah terus tertekan (Selfie Miftahul Jannah/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed