Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Des 2018 18:46 WIB

Terus Melemah, Dolar AS Kini Rp 14.225

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Nilai tukar rupiah terus menunjukkan penguatan. Dolar Amerika Serikat (AS) kini melemah hingga dalam kisaran Rp 14.200.

Melansir data Reuters, Senin (3/12/2018), dolar AS kini berada di level Rp 14.225. Level itu sudah jauh lebih rendah dari posisi penutupan kemarin Rp 14.302.

Hari ini dolar AS bahkan nyaris meninggalkan zona Rp 14.200. Pada pagi tadi dolar AS sempat melemah hingga level Rp 14.200 lalu mantul kembali meski masih berada di zona merah.


Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai penguatan rupiah lantaran kembalinya aliran modal asing ke Indonesia. Para investor mulai percaya kembali terhadap kondisi perekonomian RI.

"Apa yang ingin kita bangun ya trust, kepercayaan. Kita bangun fiskal dan moneter dengan sangat hati-hati. Saya dengar capital inflow-nya sudah kembali masuk," ujarnya dalam acara CEO Networking 2018 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (3/12/2018).

dolar as 14.000

Jika Indonesia sudah mendapatkan kembali kepercayaan investor asing, Jokowi yakin rupiah akan terus menguat. Meskipun pemerintah tidak ingin penguatan rupiah terlalu berlebih untuk menjaga momentum pendorongan ekspor.

"Ya jangan kaget kalau nanti dolar (AS) turun terus. Enggak tau sampai berapa. Tapi kita juga tidak ingin dolar turun drastis, karena kita masih ingin manfaat dari ekspor kita," ucapnya. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed