Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Des 2018 20:28 WIB

Dolar AS Diramal di Kisaran Rp 14.400-Rp 14.500 hingga Akhir Tahun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan berada di sekitaran level Rp 14.400 hingga Rp 14.500 sampai akhir tahun. Gerak dolar juga diperkirakan akan terus fluktuatif.

"Fundamental kita yang baru memang sekitar Rp 14.400-14.500," kata Kepala Ekonom Bank BCA David Sumual kepada detikFinance, Kamis (6/12/2018).

David menerangkan, gerak dolar fluktuatif karena dipengaruhi sentimen global. Menurutnya, investor saat ini masih meragukan perdamaian perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.


"Ini kan terus volatile dan kelihatannya perang dagang dagang belum, ini kan hanya gencatan ceritanya, bukan berarti selesai. Isu ini bisa keluar lagi waktu mendatang," terangnya.

Sementara, permintaan dolar dalam negeri sebenarnya sudah tak terlalu besar. Sebab, kebutuhan impor di akhir tahun sudah tidak terlalu besar.


David bilang, impor barang untuk akhir tahun biasanya dilakukan di bulan sebelumnya.

"Akhir tahun ini kebutuhan impor sudah nggak banyak, sudah banyak di akhir bulan lalu. BBM (bahan bakar minyak) kebanyakan sudah dipenuhi minggu lalu untuk kebutuhan bulan ini," kata David. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed