Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2019 14:43 WIB

Ini Perusahaan Termahal di Dunia, Milik Manusia Berharta Rp 1.800 T

Zulfi Suhendra - detikFinance
Kantor lama Amazon saat baru dibuka. Foto: Dok. Amazon.com Kantor lama Amazon saat baru dibuka. Foto: Dok. Amazon.com
Jakarta - Jeff Bezos adalah orang paling kaya di dunia saat ini. Perusahaannya, Amazon kini juga jadi perusahaan termahal di dunia.

Dilansir dari CNN Business, Amazon menyalip Microsoft di posisi teratas. Saham perusahaan Jeff Bezos ini naik 1% pada kemarin dan kini bernilai US$ 810 miliar, sedangkan Microsoft US$ 790 miliar.

Nilai Amazoon naik 10% tahun ini. Jeff Bezos punya 16% saham di Amazon. Hal itu bikin Bezos mengantongi kekayaan US$ 135 miliar (Rp 1.885 T), menurut data Forbes dan Bloomberg.

Jeff Bezos juga memiliki perusahaan pesawat luar angkasa Blue Origin dan media Washington Post. Kekayaan Bezos terpaut US$ 40 miliar dari Bill Gates yang sebelumnya jadi langganan di puncak orang terkaya dunia.


Jadi perusahaan paling mahal bukan berarti saham Amazon diperdagangkan dii harga yang termahal. Amazon dan saham perusahaan teknologi lain jatih dari puncakna ppada beberapa bulan belakangan. Saham Amazon 20% lebih rendah dari rekor tertingginya

Apple bahkan jatuh lebih dalam. Beberapa waktu lalu, Apple pernah menjadi perusahaan paling mahal di dunia dengan kapitalisasi pasar di atas US$ 1,1 triliun. Nilai itu kemudian anjlok 35%.

Investor 'menghukum' Apple karena permintaan yang turun terhadapp produk ponselnya. Saham perusahaan turun saat ada peringatan bahwa penjualan iPhone akan melambat terutama karena perlambatan di China.



Kapitaliasi pasar Apple saat ini US$ 710 miliar, jadi posisi keempat di bawah Amazon, Microsoft dan pemilik Google, Alphabet. (zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed