Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Mei 2019 18:00 WIB

Adaro Bagi-bagi Dividen Rp 2,8 Triliun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Gedung Adaro/Foto: Ari Saputra Gedung Adaro/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Perusahaan batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar US$ 200 juta atau setara dengan Rp 2,8 triliun(kurs Rp 14.000). Dividen tersebut sebesar 48% dari laba bersih 2018.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) ADRO Garibaldi Thohir mengatakan, keputusan pembagian dividen tersebut dengan menimbang kebutuhan investasi.

"Pencapaian operasional dan keuangan yang solid pada (kuartal I ) 1Q19 mencerminkan model bisnis terintegrasi yang kokoh serta keunggulan operasional. Kami berhasil mengendalikan biaya, mempertahankan marjin yang sehat dan terus memberikan pengembalian pemegang saham," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/5/2019).

"Tahun ini, kami memutuskan untuk membayar dividen sebesar U$ 200 juta, yang setara dengan rasio pembayaran 48%, karena kami menyeimbangkan kebutuhan untuk menginvestasikan kembali modal yang ada demi mengejar peluang pertumbuhan dan pengembalian yang dibagikan kepada para pemegang saham," sambungnya.

Dalam keterangan tersebut, ADRO juga mengumumkan laporan keuangan konsolidasian yang tidak diaudit untuk kuartal I 2019. Pihak ADRO menyebut, hasil year on year (yoy) lebih baik dengan dukungan yang solid.

ADRO mencatatkan EBITDA operasional sebesar US$ 323 juta pada kuartal I 2019 atau naik 19% dibanding periode yang tahun sebelumnya US$ 273 juta. Kemudian, laba inti naik 52% menjadi US$ 166 juta.

Kemudian posisi likuiditas US$ 1.210 juta. Rasio utang bersih terhadap ekuitas dan utang bersih, terhadap EBITDA operasional 12 bulan terakhir masing-masing mencapai 0,10x dan 0,32x. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed