Belum Realisasikan Buyback Saham, Ini Penjelasan Antam

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 11 Jun 2020 15:19 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pasar saham sempat terpukul karena dampak virus Corona. Menteri BUMN Erick Thohir pun pernah menginstruksikan untuk melakukan pembelian kembali saham atau buyback.

PT Aneka Tambang Tbk menjadi salah satu perusahaan di bawah holding pertambangan BUMN yang berniat melakukan buyback tersebut.

"Terkait dengan buyback saham saya kasih gambaran sedikit ketika indeks harga saham turun waktu itu, kita lihat melihat ada opportunity buyback. Saat yang sama saat itu di seluruh BUMN Tbk melakukan pertemuan dan melihat bagaimana dari sisi BUMN bisa membantu meningkatkan confident terhadap IHSG Indonesia," kata Direktur Keuangan Antam Anton Herdianto usai RUPS, Kamis (11/6/2020).

Namun, dia mengatakan, kondisi pasar membaik begitu juga dengan perusahaan berkode ANTM ini.

"Yang dilihat kita masuk pasar ketika undervalue. Setelah kita melihat bagaimana pergerakan harga saham, kita melihat harga saham Antam belum undervalue kalau lihat sampai sekarang sudah naik kembali ya," ujarnya.

Dia mengatakan, sejak mengumumkan buyback, Antam belum merealisasikannya hingga saat ini. Bahkan, dia menuturkan, kini buyback bukan jadi prioritas.

"Dapat kami sampaikan bahwa sejak keterbukaan informasi untuk buyback kita belum melakukan buyback. Kita melihat sampai hari ini harga saham Antam sudah naik dari posisi saat IHSG jatuh," ujarnya.

"Jadi kami melihat inisiasi untuk buyback mungkin sekarang tidak jadi prioritas bagi kami," tutupnya.



Simak Video "Hari Ini, Harga Emas Tembus Rp 1 Juta/Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)