Jurus Astra Tetap Kinclong di Tengah Pandemi Corona

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 16 Jun 2020 12:47 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) mulai memproduksi motor sport terbaru All New Honda CBR250RR di pabrik AHM plant 4 Karawang, Jawa Barat.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Astra International Tbk (ASII) memiliki beberapa strategi guna mempertahankan kinerja keuangan di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Setidaknya ada tiga strategi yang akan dilakukan Perseroan.

Presiden Direktur Astra International, Djony Bunarto Tjondro mengatakan strategi yang pertama adalah disiplin dalam mengelola keuangan perusahaan

"Mengenai capex (belanja modal) kami lakukan revisi kembali saat pandemi. Kami melihat prioritas, pengeluaran yang tidak urgent kita tekan. Likuiditas cashflow kita jaga, baik di Astra maupun group," kata Djony dalam video conference, Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Strategi yang kedua, dikatakan Djony adalah menjaga keberlangsungan usaha di tengah pandemi Corona. Sebab, hingga saat ini tidak ada yang mengetahui kapan berakhirnya COVID-19.

"Ketiga, kita tidak terlena pada pandemi yang ada. Apapun yang mempunyai potensi, maka akan kami perhatikan," ujarnya.

Oleh karena itu, Djony bilang Astra International akan memastikan kinerja seluruh unit bisnis tetap kinclong di tahun buku 2020, hal itu juga berlaku pada Astra Group.

"Kami memastikan seluruh unit bisnis Astra dengan financial sehat, neraca sehat, kapasitas neraca yang baik," ujarnya.


"Karena, pada pandemi ini tidak ada yang bisa memperkirakan. Tapi kami sampaikan selalu ada hikmah, mestinya di tengah situasi ini, ada opportunity, kita tinggal lakukan adjustment ke depan seperti apa," ungkapnya.

isi tas


Simak Video "Kasus Positif Corona RI Tambah 4.497, Total Jadi 333.449"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)