Banyak Duit, Google Beli Saham Perusahaan ADT Rp 6 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 10:17 WIB
MOUNTAIN VIEW, CA - JULY 17:  A bicyclist rides by a sign outside of the Google headquarters July 17, 2008 in Mountain View, California. Google Inc. is expected to announce an increase in quarterly profits when it reports its quarterly earnings today after the closing bell.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Induk usaha Google, yakni Alphabet Inc membeli 6,6% saham perusahaan penyedia keamanan elektronik ADT Inc senilai US$ 450 juta setara Rp 6,6 triliun (kurs 14.700). Hal ini dilakukan Google guna memperluas fitur keamanan rumah tangga, seperti Google Nest.

Saham IDT sendiri berada di level tertinggi, yakni $ 17,2 per lembarnya. Harga saham ini melesat jauh dibandingkan saat penawaran umum perdana atau IPO pada 2018 lalu di level US$ 14 per lembarnya. Kini nilai perusahaan diperkirakan US$ 13 miliar (Rp 191 triliun).

Chief Executive Officer ADT Jim DeVries mengatakan kesepakatan ini akan berupaya mengemas produk-produk Google seperti Home Mini, Nest Thermostat dan Nest Wifi dengan kemampuan dan kekuatan ADT. DeVries mengungkap kesepakatan ini akan berlangsung pada akhir 2020.

"Akhir tahun ini, kami akan mulai mengintegrasikan perangkat Google dan membuat perangkat Google dapat diinstal oleh pelanggan kami," kata Jim DeVries, dikutip dari Reuters, Selasa (4/8/2020).

Investasi ini memberi ADT dukungan profil tinggi dan memperluas bisnis layanannya. Sebagai imbalannya, Google mendapat akses ke sekitar 6,5 juta pelanggan. Memperkuat Google dari saingannya yang memiliki konsep yang sama dengan Google Nest yakni Ring dari Amazon.com (AMZN.O) dan SimpliSafe.

Dalam meningkatkan kualitas produk. Kedua perusahaan ini berkomitmen menambah dana masing-masing sebesar US$ 150 juta. Dana itu digunakan untuk pemasaran, pengembangan produk, teknologi dan pelatihan karyawan.

Perlu diketahui ADT Icn merupakan perusahaan yang menyediakan layanan elektronik keamanan rumah tangga. Perusahaan ini didirkan pada 1874 dan didukung oleh akuitas swasta Apollo Global Management LLC, yang memiliki 83,5% kekayaan dari perusahaan.

Sedangkan perangkat Google Nest adalah perangkat smart home yang memungkinkan penggunanya mengontrol segala perangkat rumah tangga hanya bermodalkan suara. Contoh, menyalakan dan mematikan lampu hanya dengan suara.



Simak Video "Rayakan Ultah ke-22, Google Tampilkan Doodle Pembatasan Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)