Wall Street Dibuka Bergairah Jelang Pemilu AS

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 27 Okt 2020 21:15 WIB
Pusat bisnis di New York, Wall Street terlihat kosong melompong sebagai dampak
 pandemi Covid-19, Minggu (29/3/2020).
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Jakarta -

S&P 500 dan Nasdaq dibuka sedikit lebih tinggi pada hari Selasa menyusul hari terburuk indeks acuan itu dalam sebulan karena investor mengurai pendapatan perusahaan, sambil bersiap menghadapi volatilitas menjelang pemilihan presiden.

Dow Jones Industrial Average turun 34,20 poin, atau 0,12%, pada pembukaan ke 27.651,18. S&P 500 dibuka dengan 5,59 poin, atau 0,16%, pada 3.406,56, sedangkan Nasdaq Composite naik 50,40 poin, atau 0,44%, menjadi 11.409,34 pada bel pembukaan.

Merck & Co Inc MRK.N memperoleh 1,2% premarket karena menaikkan perkiraan pendapatan setahun penuh. Produsen obat Eli Lilly dan Co LLY.N turun sekitar 4% setelah laba kuartalan terpukul dari kenaikan biaya untuk mengembangkan pengobatan COVID-19.

Microsoft Corp MSFT.O menguat 0,8% menjelang hasil setelah bel penutupan. Apple Inc AAPL.O, Amazon.com AMZN.O, Google-parent Alphabet GOOGL.O dan Facebook Inc FB.O, yang menyumbang sekitar seperlima dari total nilai S&P 500, juga melaporkan hasil minggu ini.

"Menggantung pasar adalah pertumbuhan virus di AS, dan teknologi khususnya tampaknya sektor yang paling tidak terpapar," kata Rick Meckler, mitra, Cherry Lane Investments, kantor investasi keluarga di New Vernon, New Jersey.

"Fokus pada perusahaan teknologi besar dapat menggerakkan pasar ini ke reli meskipun ada masalah yang ditimbulkan oleh virus."

Rekor jumlah infeksi virus Corona baru di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa serta stimulus fiskal AS yang terhenti menimbulkan kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi yang masih muda, mengirim tiga indeks saham utama AS ke posisi terendah empat minggu pada hari Senin.

Pengukur ketakutan Wall Street .VIX melayang di level tertinggi dalam hampir dua bulan di tengah ketidakpastian tentang hasil pemilihan.

Penantang Demokrat Joe Biden memimpin Presiden Donald Trump dalam jajak pendapat nasional tetapi persaingan jauh lebih ketat di negara-negara bagian yang menentukan hasil pemilu.

Pada 08:09 ET, Dow E-minis 1YMcv1 naik 0,32% pada 27.669 poin dan S&P 500 E-minis EScv1 naik 0,46% menjadi 3.409 poin. Nasdaq 100 E-minis NQcv1 naik 0,61% menjadi 11.563 poin.

Perusahaan asuransi American International Group Inc AIG.N melonjak 6,4% setelah dewannya menyetujui rencana untuk memisahkan kehidupan dan bisnis pensiun dari perusahaan lainnya, dan menunjuk Presiden Peter Zaffino sebagai CEO, efektif tahun depan.

Perancang semikonduktor Advanced Micro Devices Inc AMD.O naik 0,3% karena setuju untuk membeli Xilinx Inc XLNX.O dalam kesepakatan semua saham senilai $ 35 miliar yang akan mengintensifkan pertempurannya dengan Intel Corp INTC.O di pasar chip pusat data. Saham Xilinx melonjak sekitar 15%.

Perusahaan industri 3M Co MMM.N dan Caterpillar Inc CAT.N juga turun sekitar 1% setelah melaporkan hasil.

(dna/dna)