Bos Intel Mau Cari Dana Rp 14,1 T lewat IPO Perusahaan Cek Kosong

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 19 Jan 2021 22:15 WIB
Intel Iris Xe Max
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Pimpinan Intel Corp Omar Ishrak berencana mengumpulkan dana sekitar US$ 750 juta hingga US$ 1 miliar setara Rp 14,1 triliun (kurs Rp 14.100/US$) melalui IPO perusahaan cek kosong atau perusahaan akuisisi bertujuan khusus, (SPAC). Dana dari IPO SPAC ini bakal dipakai untuk menargetkan kesepakatan di sektor teknologi kesehatan.

Untuk diketahui, SPAC atau perusahaan cek kosong merupakan perusahaan yang tidak memiliki operasi apa pun. Perusahaan ini merupakan sarana investasi yang dibuat khusus untuk mengumpulkan dana. Selanjutnya, dana itu dipakai untuk membiayai peluang merger atau akuisisi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Tapi, target perusahaan yang dimerger atau diakuisisi biasanya belum diidentifikasi.

Jadi, IPO SPAC digunakan untuk menyelesaikan kesepakatan masa depan dengan perusahaan tertentu. Korporasi yang diakuisisi atau merger otomatis menjadi perusahaan publik, tanpa melalui proses penjang.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (19/1/2021) Ishrak yang sempat menjalankan perusahaan raksasa perangkat medis yakni Medtronic Plc, dapat mengajukan dokumen IPO-nya ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS secepatnya.

Goldman Sachs Group Inc. akan memimpin persiapan untuk penawaran umum perdana tersebut. Manajer hedge fund Joshua Fink, yang merupakan putra Larry Fink dari BlackRock Inc., dan eksekutif Medtronic Jean Nehme akan memiliki peran senior di perusahaan cek kosong itu.

Lalu, Ishrak akan menjadi menjadi ketuanya.

Perwakilan Intel menolak berkomentar terkait hal tersebut.

SPACs, yang pernah menjadi kendaraan tidak jelas yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk go public, kini menjadi populer. Ia melonjak mencapai rekornya pada tahun 2020 dan tercatat mampu mengumpulkan dana sekitar US$ 79 miliar di bursa AS.

Momentum itu terbawa ke 2021, setidaknya 53 perusahaan cek kosong sudah mengumpulkan US$ 15 miliar sepanjang Januari ini. Lalu, 47 SPAC lainnya di bulan ini telah mengumumkan rencana untuk mengumpulkan dana gabungan hingga US$ 11,7 miliar dan sedang menunggu IPO.



Simak Video "Prosesor Cepat dan Tepat Buat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)