Warren Buffett Investasi Besar di Produsen Mobil Listrik China

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 01 Mar 2021 22:53 WIB
Warren Buffett masuk terkaya dunia
Konglomerat Warren Buffett/Foto: Getty Images
Jakarta -

Konglomerat Warren Buffett memegang kepemilikan saham yang besar di perusahaan pembuat mobil listrik BYD melalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway. Bahkan porsi saham di perusahaan asal China itu melebihi porsi saham di General Motors (GM).

Melansir CNBC, Senin (1/3/2021), Berkshire Hathaway memegang 8,2% saham di BYD yang sahamnya terdaftar di Hong Kong. Berdasarkan portofolio perusahaan itu merupakan kepemilikan saham terbesar ke-8 berdasarkan nilai pasar pada 31 Desember 2020 yang dirilis pada hari Sabtu.

Sebaliknya, perusahaan tersebut memegang hanya 3,7% saham di GM yang merupakan kepemilikan terbesar ke-15. Saham BYD sendiri naik lebih dari 300% selama 12 bulan terakhir. Sedangkan GM telah naik 65% selama periode waktu yang sama.

Unit Berkshire Hathaway, perusahaan Warren Buffett, pertama kali berinvestasi di perusahaan baterai dan mobil listrik BYD pada tahun 2008.

Perusahaan yang berbasis di Shenzhen itu telah menjadi produsen mobil utama di pasar mobil terbesar di dunia, dan menjual lebih dari 130.000 mobil listrik berpenumpang tahun lalu. Itu jauh lebih banyak daripada pesaing mobil listrik pemula seperti Nio, yang menjual lebih dari 43.700 mobil tahun lalu.

Pada bulan Januari, GM menjadi produsen mobil tradisional terbaru yang mempercepat pengembangan ke kendaraan listrik dengan mengumumkan akan mengakhiri produksi semua mobil, truk, dan SUV bertenaga diesel dan bensin pada tahun 2035.

Saksikan juga 'Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia yang Senang Berdonasi':

[Gambas:Video 20detik]



(das/hns)