Sarman Simanjorang Mundur dari Komut Produsen Bir Pemprov DKI, Ada Apa?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 25 Agu 2021 13:55 WIB
saham anker bir
Foto: Femi Diah/detikSport
Jakarta -

PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) kemarin menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hasilnya ada perombakan susunan di dewan komisaris dari perusahaan produsen bir milik Pemprov DKI Jakarta itu.

Hasil RUPS DLTA menyetujui pengunduran diri Sarman Simanjorang selaku Komisaris Utama perseroan. Alasannya resign karena Sarman kini menjadi komisaris di PT Pertamina Geothermal Energy, anak usaha dari PT Pertamina (Persero).

"Sesuai aturan di Pemprov DKI Jakarta bahwa Komisaris BUMD tidak boleh merangkap Komisaris di BUMN maka saya harus rela melepaskan posisi saya di PT Delta Djakarta Tbk. Pada RUPS tahun 2020 lalu, jabatan saya masih diperpanjang sampai dengan tahun 2023, namun saya tidak dapat menyelesaikan masa bhakti ini karena saya mendapat tugas baru di BUMN tepatnya menjadi Komisaris di PT Pertamina Geothermal Energy," katanya dalma keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Sarman yang tugasnya belum mencapai batas waktu jabatannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sebab Sarman ditunjuk oleh kedua pasangan tersebut.

"Selama menjalankan tugas sebagai Komisaris Utama saya banyak mendapat pengalaman berharga, terlebih produknya adalah minuman beralkohol yang harus menjalankan berbagai aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah," ucapnya.

Sarman sendiri diangkat menjadi Komut Delja Djakarta dala RUPS yang digelar pada 25 April 2018. Saat itu dia menggantikan Michael Rolandi yang kala itu menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah.

"Setahun kemudian pada RUPS 2019 dividen yang disetor ke kas Pemda DKI naik sebesar Rp 100,48 miliar meningkat 88,3% dibandingkan dengan tahun buku sebelumnya 2018 sebesar Rp 54,6 miliar," ucapnya.

Kini posisi Komut Delta Djakarta diduduki oleh Roy Pakpahan yang telah disahkan dalam RUPS. Roy sendiri naik posisi dari sebelumnya komisaris di perseroan yang mewakili Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan yang menggantikan Roy Samuel Nitisaputra.

Sebagai informasi komposisi pemegang saham PT Delta Djakarta Tbk adalah, San Miguel sebesar 58,33% setara 467 juta lembar saham ,Pemprov DKI Jakarta sebesar 26,25% setara 210 juta lembar saham dan sisanya adalah publik sebesar 15,42%.

(das/fdl)