Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 12:15 WIB

287.000 Pelamar CPNS Tak Ikut Tes, BKN: Sebagian Besar Sudah Kerja

Vadhia Lidyana - detikFinance
Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak hari ini. Peserta penuhi Kantor BKN untuk mengikuti tes tersebut. SKD CPNS/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sebanyak 287.965 peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 tak mengikuti ujian. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen mengatakan, sebagian peserta yang tak hadir tersebut sudah memiliki pekerjaan.

"Sebagian besar mereka sudah bekerja. Jadi mereka tidak dapat izin untuk hadir SKD. Dan yang terlambat itu juga sama. Jadi mereka yang terlambat dikasih waktunya sangat mepet oleh kantor," kata Suherman dalam Konferensi Pers Spesial #CPNS2019 di kantor pusat BKN, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Sebelumnya menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, memang banyak peserta CPNS yang coba-coba saja dalam mendaftarkan dirinya, sehingga ketidakhadirannya itu dilakukan dengan sengaja.

Lalu, bagi peserta yang terlambat dan akhirnya tak bisa mengikuti SKD ini disebabkan oleh sistem baru yang diimplementasikan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019.

"Dan sistem pendaftaran kita itu waktunya sudah di-setting, untuk memperoleh PIN waktunya 10 menit. Dan kalau sudah lewat, sistem terkunci dan mereka tidak mendapatkan PIN untuk membuka soal. Maka dari itu mereka tidak boleh masuk," papar Suherman.

Menurut Suherman, dalam setiap pelaksanaan SKD di setiap instansi, baik pusat maupun daerah sudah diberikan informasi lengkap tentang jadwalnya. Oleh katena itu, seharusnya semua peserta mengetahui dengan baik jadwal SKD dan tak terlambat menghadiri ujian.

"Kalau dari sisi pengumuman apakah instansi mengumumkan apa tidak, rata-rata instansi sudah memberikan pengumuman di portal masing-masing. Jadi seharusnya peserta tahu," pungkas dia.



Simak Video "Berkaca dari Tahun Lalu, Ombudsman Beri Catatan soal Persiapan CPNS"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com